Kompas TV nasional politik

Ahok: Justru Kalau Bisa Rematch dengan Pak Anies akan Lebih Menarik

Kompas.tv - 18 Juli 2024, 22:05 WIB
ahok-justru-kalau-bisa-rematch-dengan-pak-anies-akan-lebih-menarik
Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, dalam Program ROSI, Kompas TV, Kamis (18/7/2024) malam. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menyebut akan menarik jika dirinya bisa melakukan rematch atau 'pertandingan ulang' dengan Anies Baswedan dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Pernyataan Ahok tersebut ia sampaikan dalam wawancara eksklusif di Program ROSI, KompasTV, yang ditayangkan Kamis (18/7/2024) malam.

Dalam dialog itu, Ahok menceritakan saat dirinya maju di Pilkada DKI Jakarta tahun 2017 lalu, yang diwarnai dengan sejumlah aksi unjuk rasa.

“Waktu 2017 kan ada koalisi partai kan, bahkan presiden sudah sampaikan ini bahaya kalau diteruskan, bisa ribut, demo nih, lebih baik mundur. Partai yang koalisi juga mau mundur nih,” kata Ahok.

Baca Juga: Jawaban PDIP saat Ditanya Dukung Anies atau Ahok di Pilkada Jakarta, Tak Seperti 2017 Lalu

“Tapi ibu (Megawati Soekarnoputri) mengatakan ‘nggak bisa, ini bagian dari mengedukasi’. Kita kalau mau menyelesaikan masalah bangsa ini, yang keberagaman ini bukan kabur gitu lho, kita mesti tes,” jelasnya.

Oleh sebab itu, Ahok mengaku akan lebih menarik jika bisa melakukan rematch dengan Anies, untuk mengukur sampai sejauh mana bangs aini mampu menerapkan bhineka Tunggal ika.

“Justru kalau bisa rematch dengan Pak Anies lebih menarik. Supaya mengukur sampai di mana bangsa ini setelah naik levelnya untuk menuju bhineka tunggal ika.”

Namun, saat Rosiana Silalahi, host Program ROSI, menanyakan untuk menegaskan apakah Ahok memang ingin melakukan rematch, ia menjawab bahwa maksudnya bukan seperti itu.

“Bukan, maksud saya ini kalau Anda mengatakan bahwa ini takut ribut. Kalau takut ribut ya paling cocok ya rematch dong untuk mengukur supaya apel dengan buah apel bandingnya.”

Mengenai kepercayaan dirinya melakukan rematch, Ahok mengatakan bahwa ini bukan masalah percaya diri atau tidak percaya diri. Melainkan untuk melihat perkembangan bangsa.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas Tunjukkan Anies Baswedan dan Ahok Jadi 'Top of Mind' di Pilkada Jakarta

“Menarik menurut saya, untuk mengukur, kan. Apakah terjadi lagi demo yang besar, apakah terjadi lagi pasang tulisan di mana-mana.”

Ahok pun menyebut hal itu menarik untuk mengukur persoalan bangsa yang sudah hampir 100 tahun merdeka.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x