Kompas TV nasional rumah pemilu

Sekjen Golkar Sebut Ahmad Luthfi akan Ajukan Pensiun Dini dari Kepolisian, Maju Pilgub Jateng?

Kompas.tv - 18 Juli 2024, 21:00 WIB
sekjen-golkar-sebut-ahmad-luthfi-akan-ajukan-pensiun-dini-dari-kepolisian-maju-pilgub-jateng
Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Golkar Lodewijk F Paulus di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (29/8/2023). Ia menyebut kabar soal Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi yang bakal ajukan pensiun dini dari kepolisian. (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar Lodewijk F Paulus menyebut, Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi akan segera mengajukan pensiun dini dari kepolisian. Oleh sebab itu, pihaknya menunggu kebenaran kabar tersebut sebelum mengusung jenderal bintang dua itu di Pilkada Jawa Tengah. 

"Jadi kita sabar. Saya dengar Pak Lutfhi dalam waktu dekat segera akan mengakhiri ikatan dinas entah pensiun atau pensiun dini kita tunggu aja," kata  Lodewijk di Jakarta, Kamis (18/7/2024). 

Ia mengatakan, pihaknya belum bisa memberikan rekomendasi terhadap Luthfi sebagai bakal calon gubernur karena dia masih menjadi anggota Polri. 

Baca Juga: Golkar Tetapkan Usung Irjen Ahmad Luthfi sebagai Kandidat Cagub Pilkada Jawa Tengah 2024

"Kita masih menunggu. Karena Pak Luthfi masih anggota polri aktif. Kan nggak lucu Kapolri ngasih perintah. Partai Golkar kasih perintah. Jadi kita tunggu beliau pensiun," ungkap dia dikutip dari laporan jurnalis KompasTV.

Wakil Ketua DPR RI itu mengakui bila DPD Partai Golkar Jawa Tengah telah memberikan usulan agar Luthfi diusung oleh partainya untuk menjadi bakal calon gubernur Jawa Tengah. 

"Dari DPD Golkar Jawa Tengah merekomendasikan Pak Luthfi, terus elektabilitas gimana? Survei. Terus legalitasnya gimana. Dia masih anggota Polri aktif. Berarti belum bisa," katanya.

Sebelumnya, Litbang Kompas telah merilis elektabilitas para tokoh di Pilgub Jateng. Berdasarkan survei, Ketum PSI Kaesang Pangarep berada di posisi teratas, diikuti Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi.

Survei ini digelar pada 20-25 Juni 2024 dengan melibatkan 500 responden yang dipilih secara acak sederhana dari 35 kota/kabupaten di Jawa Tengah.

Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka. Adapun margin of error survei berada di angka +/- 4,4 persen. Dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga: Gerindra Buka Opsi Duet Ahmad Luthfi-Kaesang Pangarep di Pilkada Jateng

Berdasarkan hasil survei, Kaesang berada di posisi pertama. Kemudian mengikuti di posisi kedua Ahmad Luthfi dan Taj Yasin Maimoen atau Gus Yasin.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x