Kompas TV nasional rumah pemilu

Nasdem Tawarkan Syaikhu Jadi Bakal Calon Wakil Gubernur Ilham Habibie di Pilkada Jawa Barat

Kompas.tv - 18 Juli 2024, 14:08 WIB
nasdem-tawarkan-syaikhu-jadi-bakal-calon-wakil-gubernur-ilham-habibie-di-pilkada-jawa-barat
Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim dalam Sapa Indonesia Malam KOMPAS TV, Selasa (5/9/2023). (Sumber: Tangkapan layar tayangan KOMPAS TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasdem Hermawi Taslim mengakui partainya menawarkan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi bakal calon wakil gubernur Ilham Habibie di Pilkada Jawa Barat 2024. Namun, hingga saat ini belum ada kesepakatan dari kedua partai untuk mengusung keduanya. 

"Kita bahas (pembahasan Cawagub Ahmad Syaikhu). Itu yang kita mau breakdown bersama paling tidak dengan PKS," kata Hermawi di DPP PKS, Jakarta Selatan, Kamis (18/7/2024).

Hermawi menjelaskan, partainya membutuhkan partai lain dalam mengusung pasangan calon di pesta demokrasi yang akan berlangsung pada 27 November mendatang.

Baca Juga: Bahas Pilkada Jawa Barat, Hari Ini Nasdem Boyong Ilham Habibie ke Markas PKS 

Oleh sebab itu, dibutuhkan komunikasi yang intensif dalam menyusun koalisi menyongsong kemenangan di Pilkada Jawa Barat. 

"Tadi saya bilang kita harus compatible karena PKS sendiri tidak cukup, Nasdem sendiri tidak cukup, tapi kalau NasDem ditambah PKS cukup. Tapi, mungkin secara formal cukup bagi kita harus lebih luas lagi," ujarnya.

Menurut dia, rencana kerja sama dengan PKS di Pilkada Jawa Barat akan berjalan mulus. Hal ini mengingat kedua partai pernah berkoalisi di Pilpres 2024. "Jadi kalau kita bisa mengulangi success story koalisi 01, kenapa tidak," ujarnya.

Sementara itu, Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengatakan pimpinan partainya membahas banyak hal, salah satunya terkait Pilkada 2024 di Provinsi Jawa Barat.

"Dalam kaitan ini saya menyambut baik dari teman-teman Partai NasDem yang terus berupaya ingin mencari sosok-sosok pemimpin untuk negeri kita termasuk yang, insyallah, akan persiapkan ke dalam Pilkada di Jawa Barat," ujar Syaikhu,

Syaikhu menambahkan bahwa dirinya melakukan diskusi bersama Ilham Habibie dan elite Nasdem membahas Indonesia Emas. Ia mengaku ada kesepakatan dalam bahasan tersebut.

Baca Juga: Ilham Habibie Ungkap Alasan Kuat Maju di Pilgub Jabar: Bukan Karena Saya Mau Menjabat

"Kehadiran beliau juga sudah mulai berkeliling mudah-mudahan ini kita akan ketemu dengan momentum yang pas dalam Pilkada serentak 2024 khususnya di Jawa Barat. Mudah-mudahan, insyallah, ada titik temu untuk membangun kebersamaan di antara PKS dan NasDem baik di Jabar maupun di DKI Jakarta," ujarnya.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x