Kompas TV nasional peristiwa

PKS: Peluang Anies Menang Pilgub Jakarta Besar, karena Ahok Tidak Didukung Jokowi

Kompas.tv - 18 Juli 2024, 10:38 WIB
pks-peluang-anies-menang-pilgub-jakarta-besar-karena-ahok-tidak-didukung-jokowi
Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok (kanan) bersama Anies Baswedan (kiri) saling berjabat tangan usai melakukan pertemuan di Balai Kota, Jakarta, Kamis (20/4/2017). (Sumber: Arsip ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yakin Anies Baswedan lebih berpeluang untuk memenangkan Pemilihan Gubernur Jakarta ketimbang Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meskipun menjadi sosok yang sama-sama difavoritkan dalam Pilkada 2024 berdasarkan survei Litbang Kompas.

Sebab menurut PKS, kekuatan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada Pilgub Jakarta kali ini tidak akan sebesar dulu saat masih didukung oleh Presiden Jokowi.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Muhammad Iqbal merespons hasil survei Litbang Kompas untuk Pilkada Jakarta, Kamis (18/7/2024).

“Mas Anies ini cukup besar peluangnya untuk menang di Jakarta, kenapa, karena Ahok dulu kan bisa hampir mengalahkan juga karena dukungan Pak Jokowi, dan sekarang beliau tidak didukung Pak Jokowi bahkan berseberangan dengan Pak Jokowi, saya kira kekuatannya tidak sebesar dulu,” kata M Iqbal dalam dialog Sapa Indonesia Pagi Kompas TV.

Baca Juga: Survei Ahok Tinggi di Pilkada Jakarta, Politisi PDIP: Warga Tidak Ingin Figur Minim Pengalaman

M Iqbal lebih lanjut juga meyakini, Anies Baswedan lebih berpeluang memang jika dalam pertarungan Pilgub Jakarta berhadapan dengan Ridwan Kamil. Berdasarkan sejumlah analisa pengamat, kata M Iqbal, Ridwan Kamil akan mendapatkan penolakan dari warga Jakarta yang menggemari bola.

“Memang yang paling resisten itu suporter sepak bola, ini harus jadi pertimbangan, karena Jakarta ini markasnya pendukung yang berseberangan dengan yang didukung Pak Ridwan Kamil. Jadi itu juga menjadi faktor menurut saya, beberapa analisa para pengamat ya,” ujar M Iqbal.

Atas dasar itu, M Iqbal pun yakin pasangan Anies Baswedan dan Sohibul Iman akan menjadi kekuatan yang cukup besar pada pertarungan Pilgub Jakarta.

“Saya melihat, bahwa kalau Mas Anies dipasangan dengan Pak Sohibul Iman akan menjadi kekuatan yang cukup besar,” ucap Iqbal.

Baca Juga: Nurul Ghufron Lolos Capim KPK, IM57: Berarti Pansel Tidak Berfungsi, Hanya Sekadar Formalitas

Lantas dikonfirmasi Jurnalis Kompas TV Adisti Larasari bagaimana dengan golden tiket untuk pertarungan Pilgub Jakarta, mengingat tidak ada partai politik yang bisa mengusung calonnya tanpa berkoalisi?


“Kami sudah berkomunikasi, sudah ada lampu hijau, kode alam untuk bisa deklarasi pasangan AMAN, Anies-Iman,” ujar Iqbal. 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x