Kompas TV nasional peristiwa

MUI Nonaktifkan Dua Orang yang Terkait Organisasi Lobi Israel

Kompas.tv - 17 Juli 2024, 21:11 WIB
mui-nonaktifkan-dua-orang-yang-terkait-organisasi-lobi-israel
Ketua MUI Bidang Fatwa Muhammad Asrorun Niam Sholeh saat diwawancarai di Padang, Rabu (17/7/2024). (Sumber: Muhammad Zulfikar/Antara)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

PADANG, KOMPAS.TV - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menonaktifkan dua orang yang diduga terkait sebuah organisasi lobi pro-Israel. Organisasi ini disebut menjembatani pertemuan lima aktivis Nahdlatul Ulama (NU) dengan Presiden Israel Isaac Herzog pada bulan ini.

Ketua MUI Bidang Fatwa Muhammad Asrorun Ni'am Sholeh menyebut kedua orang itu dinonaktifkan untuk kepentingan klarifikasi. Namun, ia menegaskan dua orang tersebut tidak ikut rombongan NU yang berkunjung ke Israel belakangan ini.

"Saya sudah menonaktifkan pihak yang diduga memiliki keterkaitan dengan MUI," kata Asrorun Ni'am di sela acara Musyawarah Nasional Ke-10 Forum Zakat di Padang, Sumatra Barat, Rabu (17/7/2024).

Baca Juga: Gus Yahya Ungkap Tokoh Muda NU Diundang NGO untuk Sebarkan Narasi Pro-Israel

Asrorun Ni'am pun engan menyebutkan identitas atau jabatan kedua orang yang dinonaktifkan dari MUI. Asrorun sebatas menyatakan pihak yang dinonaktifkan pernah mengunjungi Dubes Israel untuk Singapura.

Menurutnya, kedua orang itu dapat dijatuhi sanksi berat jika terbukti melakukan kesalahan fatal. Asrorun menyatakan dugaan keterlibatan mereka dengan organisasi lobi Israel masih diselidiki.

"Nanti akan kita rapatkan lagi dan dia sudah dinonaktifkan. MUI tegas untuk itu," kata Asrorun dikutip Antara.

Sebelumnya, Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf menyebut lima aktivis muda NU berangkat ke Israel karena diundang oleh sebuah organisasi non-pemerintah (NGO) pro-Israel.

Pria yang akrab disapa Gus Yahya itu menduga kelima orang itu diharapkan menyebarkan narasi pro-Israel sekembalinya dari kunjungan. Gus Yahya juga menyebut organisasi lobi pro-Israel beroperasi di berbagai tempat di dunia.

"Setelah saya tanya, ini memang dari satu channel, NGO yang merupakan advokat dari Israel. Ada itu, di mana-mana di dunia ini ada NGO yang memang beroperasi sebagai advokat Israel," kata Gus Yahya dalam konferensi pers pada Selasa (16/7).

"Jadi, (NGO) yang membantu citra Israel, melakukan lobi untuk kepentingan Israel, dan lain sebagainya. Ini yang mengajak dan mengonsolidasikan mereka."

Baca Juga: Jokowi Minta PBNU Respons soal 5 Tokoh NU Temui Presiden Israel: karena Sikap Pemerintah Itu Jelas


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x