Kompas TV nasional politik

Ketua DPP PDIP Tanggapi Pengunduran Diri Gibran dari Jabatan Wali Kota Solo

Kompas.tv - 17 Juli 2024, 17:20 WIB
ketua-dpp-pdip-tanggapi-pengunduran-diri-gibran-dari-jabatan-wali-kota-solo
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka saat akan memberikan surat pengunduran diri ke Gedung DPRD Surakarta, Selasa (16/7/2024). (Sumber: Fristin Intan Sulistyowati/Kompas.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua DPP PDI-P Said Abdullah menanggapi mundurnya Gibran Rakabuming Raka dari jabatan Wali Kota Solo.

Gibran menyerahkan surat pengunduran dirinya ke DPRD Solo pada Selasa (16/7/2024).

Said yang ditemui Kompas.com di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (17/7/2024), menyebut pengunduran diri Gibran untuk bersiap menjadi wakil presiden RI pada periode 2024-2029.

"Mempersiapkan diri untuk menjadi orang kedua di republik ini," kata dia.

Ia pun mengapresiasi langkah Gibran yang mundur dari jabatannya, terlebih waktu pelantikan wakil presiden terpilih sudah semakin dekat.

Baca Juga: Respons Demokrat dan PKB Soal Mundurnya Gibran Rakabuming dari Wali Kota Solo

Pelantikan Presiden-Wakil Presiden terpilih RI, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka terjadwal pada 20 Oktober 2024.

"Ya saya sangat menghormati, apreciate terhadap Mas Gibran yang mundur sebagai wali kota dan bersiap-siap untuk memangku jabatan baru di bulan Oktober yang akan datang," ucap Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI ini.

Sebelumnya, Gibran menyerahkan surat pengunduran diri dari jabatannya ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surakarta, Selasa (16/7/2024).

Ia tiba di Gedung DPRD sekitar pukul 14.45 WIB dengan membawa surat pengunduran diri yang ia serahkan langsung kepada Ketua DPRD Solo, Budi Prasetyo.

Pengunduran diri Gibran ini, setelah dirinya ditetapkan sebagai Wakil Presiden Terpilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Baca Juga: Warga Minta Bersalaman, saat Paripurna Pengunduran Diri Gibran

Ia juga menjelaskan rencananya untuk langsung memboyong keluarganya ke Jakarta usai mengundurkan diri sebagai Wali Kota Solo.

Saat membereskan meja kerjanya, pada Selasa kemarin, Gibran mengatakan bahwa istrinya Selvi Ananda beserta kedua anaknya, yakni Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah akan ikut berangkat ke Jakarta.




Sumber : kompas.com




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x