Kompas TV nasional politik

Survei Kompas Tunjukkan Elektabilitas Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi Bersaing, Akankah Head to Head?

Kompas.tv - 17 Juli 2024, 16:24 WIB
survei-kompas-tunjukkan-elektabilitas-ridwan-kamil-dan-dedi-mulyadi-bersaing-akankah-head-to-head
Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi. Nama keduanya mencuat untuk maju pada Pilkada Jawa Barat 2024. (Sumber: Dok. Dedi Mulyadi via Kompas.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Hasil survei yang dilakukan oleh internal Partai Golkar dan terekam pula oleh hasil survei Litbang Kompas pada Juni 2024, tingkat kemungkinan menang Ridwan Kamil lebih besar jika maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat (Jabar).

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Firman Soebagyo saat dihubungi di Jakarta, Selasa (16/7/2024), menjelaskan, pihaknya memang menerbitkan dua surat tugas untuk Ridwan Kamil, yakni antara maju di Pilkada Jakarta atau Jabar.

Namun, bebarengan dengan itu, internal Golkar terus melakukan survei untuk melihat potensi terbesar kemenangan Kamil di antara dua wilayah tersebut.

Baca Juga: Gerindra Pertimbangkan 3 Nama Ini untuk Diusung di Pilkada Jakarta: Anies, Ahok, dan Ridwan Kamil

Berdasarkan hasil survei, Golkar berpendapat bahwa paling rasional adalah Kamil maju sebagai cagub Jabar sebagai petahana.

Pihaknya, kata Soebagyo tidak akan melepas Kamil untuk bertarung di Jakarta yang masih belum ada kepastian menang.

”Kami harus realistis. Logikanya, dalam pilkada, kan, harus menang. Kami tidak bisa menjerumuskan orang untuk masuk ke daerah yang belum ada harapan menang,” tuturnya, dikutip Kompas.id.

“Karena itu, sangat penting mengacu pada hasil survei. Kalau dari hasil survei mengindikasikan seperti itu, kan kalau kita tabrak, tanggung jawab kita menjadi tidak bagus,” tambahnya.

Lagi pula, lanjut dia, Jabar juga tidak kalah strategis dengan Jakarta karena jumlah penduduk Jabar sangat besar, lebih dari 50 juta jiwa.

Terpisah, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengakui, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto belum memutuskan untuk di beberapa daerah, termasuk di Jabar.




Sumber : Kompas.id




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x