Kompas TV nasional rumah pemilu

Elektabilitas Ahok Tinggi di Survei Litbang Kompas, PDIP: Potensial Kalahkan Anies

Kompas.tv - 17 Juli 2024, 15:37 WIB
elektabilitas-ahok-tinggi-di-survei-litbang-kompas-pdip-potensial-kalahkan-anies
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok (kanan) bersama calon Gubernur DKI Anies Baswedan (kiri) saling berjabat tangan usai melakukan pertemuan di Balai Kota, Jakarta, Kamis (20/4/2017). (Sumber: Arsip ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPP PDI Perjuangan atau PDIP Said Abdullah menilai kadernya, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok memiliki potensi untuk mengalahkan Anies Baswedan di Pilkada Jakarta. 

Hal tersebut disampaikan Said merespons hasil Survei Litbang Kompas untuk Pilkada Jakarta 2024.

"Maka, Ahok menurut saya, karena tingkat elektabilitasnya sangat mengejutkan itu potensial bisa mengalahkan Anies,” kata Said di gedung DPR, Jakarta, Rabu (17/7/2024). 

Baca Juga: Survei Litbang Kompas Elektabilitas Bakal Cagub Jakarta 2024: Anies dan Ahok Tertinggi di Jakarta

Ia mengakui kalau partainya memang sedang mempertimbangkan nama Ahok untuk diusung kembali menjadi orang nomor satu di Jakarta. 

“Kalau dipertimbangkan, pasti dipertimbangkan, apalagi Ahok Ketua DPP PDIP Bidang Perekonomian, dan hemat saya, kepemimpinan Ahok selama di DKI teruji, berhasil,” kata Said.

Meski begitu, Said menegaskan, hingga saat ini partai berlambang banteng moncong putih belum memutuskan Ahok bakal diusung di Pilkada Jakarta atau wilayah lainnya.

“Belum diputuskan oleh ibu ketua umum, PDI Perjuangan bisa menampilkan Ahok sebagai calon,” katanya.

Dalam survei Litbang Kompas, Ahok memiliki elektabilitas 20 persen dengan kepastian 34,5 persen responden akan memilihnya pada Pilkada Jakarta dan dipertimbangkan untuk dipilih oleh 39,5 persen responden.

Baca Juga: Peneliti Sebut Anies, Ahok, Ridwan Kamil, dan Kaesang Berpeluang Menang di Pilkada Jakarta 2024
 
Kemudian terkait kinerja, Ahok mendapat apresiasi 44,5 persen dari responden warga Jakarta, melampaui Anies di posisi 36,8 persen. Sisanya tersebar pada para sosok gubernur Jakarta lainnya.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x