Kompas TV nasional politik

Jokowi ke Abu Dhabi, Ma'ruf Amin Pimpin Sementara Pemerintahan RI

Kompas.tv - 17 Juli 2024, 10:30 WIB
jokowi-ke-abu-dhabi-ma-ruf-amin-pimpin-sementara-pemerintahan-ri

Foto arsip Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin. Wapres Ma'ruf Amin memimpin pemerintahan Indonesia selama dua hari, menggantikan Presiden Jokowi yang tengah melakukan kunjungan kenegaraan ke Abu Dhabi, UEA. (Sumber: Kompas.com/Garry Lotulung)

Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti
Foto arsip Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin. Wapres Ma'ruf Amin memimpin pemerintahan Indonesia selama dua hari, menggantikan Presiden Jokowi yang tengah melakukan kunjungan kenegaraan ke Abu Dhabi, UEA. (Sumber: Kompas.com/Garry Lotulung)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin memimpin pemerintahan Indonesia selama dua hari, menggantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tengah melakukan kunjungan kenegaraan ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA).

Penugasan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Tentang Penugasan Wakil Presiden Melaksanakan Tugas Presiden. Keppres tersebut Jokowi pada Selasa (16/7/2024).

"Menugaskan Wakil Presiden untuk melaksanakan tugas sehari-hari Presiden sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan selama Presiden melaksanakan kunjungan kerja dan/atau kenegaraan ke Persatuan Emirat Arab, pada tanggal 16 sampai dengan 17 Juli 2024 atau sampai dengan tanggal tiba kembali di tanah air," demikian bunyi Keppres tersebut, dikutip, Rabu (17/7/2024).

Keppres tersebut juga menyatakan apabila dalam jangka waktu penugasan tersebut, perlu segera ditetapkan suatu kebijakan baru, maka Ma'ruf Amin sebagai pelaksana tugas Presiden wajib terlebih dahulu berkonsultasi dan meminta persetujuan Jokowi.

"Setelah Presiden berada kembali di tanah air, penugasan berakhir dan Wakil Presiden segera melaporkan pelaksanaan tugas tersebut kepada Presiden," demikian tertulis.

Baca Juga: Presiden Jokowi Kunjungi Presiden UEA di Abu Dhabi, Bahas Kerja Sama Investasi IKN

Adapun Keputusan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan, yakni 16 Juli 2024.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi dan delegasi bertolak dari Jakarta ke Abu Dhabi, Selasa (16/07/2024) siang.

Kunjungan kenegaraan Jokowi ke Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab untuk membahas berbagai upaya peningkatan kerja sama di bidang ekonomi dan investasi.

"Siang hari ini saya dengan delegasi terbatas akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab. Dalam sepuluh tahun terakhir hubungan Indonesia dan persatuan Emirat Arab meningkat dengan sangat pesat, terutama di bidang ekonomi dan investasi,” kata Jokowi, Selasa, dikutip dari laman Sekretarian Kabinet.

Di Abu Dhabi Presiden Jokowi diagendakan bertemu dengan Presiden Persatuan Emirat Arab Sheikh Mohammed bin Zayed untuk membahas berbagai upaya peningkatan kerja sama antara kedua negara.


“Dalam pertemuan dengan Presiden MBZ, nanti saya antara lain akan membahas mengenai berbagai upaya peningkatan kerja sama ekonomi dan investasi yang strategis," ujarnya.

Ia melanjutkan, kerja sama-kerja sama tersebut nantinya akan dilanjutkan implementasinya oleh pemerintah baru.

Baca Juga: Jokowi Disambut Langsung MBZ Saat Tiba di Abu Dhabi, Diiringi Pukulan Alat Musik




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x