Kompas TV nasional rumah pemilu

Gerindra Pertimbangkan 3 Nama Ini untuk Diusung di Pilkada Jakarta: Anies, Ahok, dan Ridwan Kamil

Kompas.tv - 16 Juli 2024, 16:19 WIB
gerindra-pertimbangkan-3-nama-ini-untuk-diusung-di-pilkada-jakarta-anies-ahok-dan-ridwan-kamil
Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani di Gedung DPR, Jakarta, Senin (28/8/2023). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS TV - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, kini ada tiga nama yang dipertimbangkan partainya untuk diusung menjadi bakal calon gubernur di Pilkada Jakarta 2024.  

Ketiganya ialah mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Politikus PDI Perjuangan atau PDIP Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Politikus Partai Golkar Ridwan Kamil.  

Sebab, berdasarkan hasil survei Litbang Kompas tiga nama itu mendapatkan elektabilitas tertinggi dari bakal calon lainnya.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: Ridwan Kamil Potensial Didambakan Publik Jadi Cagub Jakarta

Bahkan, di antara tiga nama itu ada yang menjadi prioritas partainya untuk disodorkan ke partai politik. Namun, dirinya enggan menjelaskan sosok detailnya. 

"Ada (yang menjadi prioritas partainya dari 3 nama itu)," kata Muzani kepada wartawan, Selasa (16/7/2024). 

Muzani menjelaskan, partainya memang masih belum memutuskan ihwal sosok yang akan didukung dalam gelaran pesta demokrasi yang berlangsung pada 27 November mendatang.

Kini, ketua umumnya, Prabowo Subianto masih melakukan pencarian untuk memutuskan sosok terbaik diusung menjadi bakal calon gubernur di Pilkada Jakarta. 

"Sekali lagi Jakarta menjadi salah satu tempat yang memerlukan waktu Pak Prabowo melakukan telaah pendalaman dari pandangan dan pemikiran yang berkembang di masyarakat," katanya. 

Ia berharap, gelaran Pilkada Serentak 2024 menjadi wadah kebersamaan dalam perbedaan, tapi tidak dipaksakan.

“Itu yang ingin ditunjukkan oleh Pak Prabowo sehingga kalau kita berbeda bagaimana kebersamaan itu kita bangun secara bersama-sama, kalau kita dalam pilihan politik tak sama tentu saja tak bisa dipaksakan harus sama,” katanya.

Sebelumnya, Anies memiliki elektabilitas tidak kurang 29,8 persen sementara Ahok ada di posisi kedua dengan angka 20 persen.

Demikian hasil survei teropong Kompas periode 15-25 Juni 2024 yang diselenggarakan dengan melibatkan 11 peneliti Litbang Kompas.

Selain nama Anies dan Ahok, ada nama Ridwan Kamil yang elektabilitasnya sebagai calon gubernur Jakarta berada di posisi ketiga atau 8,5 persen.

Selanjutnya ditempati Erick Thohir di urutan keempat dengan perolehan 2,3 persen dan Sri Mulyani di urutan ke lima dengan angka dukungan 1,3 persen.

Baca Juga: Survei Pilkada 2024: 39 Persen Warga Jakarta Pasti Pilih Anies dan 34,5 Persen Memilih Ahok

Sementara nama Tri Rismaharini, Heru Budi Hartono, Kaesang Pangarep, dan Andika Perkasa berada di posisi 1,0 persen.

Dikutip dari Kompas.id, Selasa (16/7/2024), potensi penguasaan dukungan Anies dalam Pilkada Jakarta memang cukup signifikan.

Anies bukan hanya punya bekal potensi elektablitas yang relatif tinggi, tapi juga didukung barisan pemilih yang loyal atau strong voters.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x