Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Minta PBNU Respons soal 5 Tokoh NU Temui Presiden Israel: karena Sikap Pemerintah Itu Jelas

Kompas.tv - 16 Juli 2024, 14:00 WIB
jokowi-minta-pbnu-respons-soal-5-tokoh-nu-temui-presiden-israel-karena-sikap-pemerintah-itu-jelas
Foto arsip. Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan sambutan dalam Pembukaan Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) di Lampung, Rabu (22/12/2021). Jokowi meminta PBNU memberikan respons perihal 5 tokoh NU yang berkunjung ke Israel dan bertemu dengan Presiden Isaac Herzog, Selasa (16/7/2024). (Sumber: Sepres/Agus Suparto via Kompas.com)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) memberikan respons perihal 5 tokoh NU yang berkunjung ke Israel dan bertemu dengan Presiden Isaac Herzog.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat akan bertolak ke Abu Dhabi, Selasa (16/7/2024).

“Ya ditanyakan saja ke PBNU,” ucap Jokowi.

Jokowi menegaskan, sikap pemerintah Indonesia terkait Palestina dan Israel sudah cukup jelas.

“Karena sikap pemerintah itu jelas, sesuai pembukaan UUD 1945. Jelas sekali. Jadi tolong ditanyakan ke PBNU,” ujar Presiden dikutip dari laporan jurnalis KompasTV.

Baca Juga: Jokowi soal si Bungsu Kaesang Bakal Maju Pilkada 2024: Jawa Tengah Bagus, Jakarta Juga Bagus

“Dan indonesia akan selalu ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Itu yang terus kita pegang.”

Sebelumnya, 5 tokoh Nahdlatul Ulama (NU) terlihat bertemu dengan Presiden Israel Isaac Herzog. Pertemuan tersebut memicu respons kalangan NU dan publik yang selama ini mengecam tindakan tidak bermoral Israel terhadap Palestina.

Kemudian dalam dialog Sapa Indonesia Pagi KompasTV hari ini, Sekretaris Jenderal NU Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengatakan PBNU memanggil 5 tokoh NU siang ini.

“Ya hari ini rencananya ketua umum akan bertemu secara langsung, baik pimpinan badan otonom lembaga yang mana mereka yang berangkat itu tercatat sebagai pengurus, nah nanti di situ akan diketahui lebih jauh tentang maksud dan tujuan,” ucap Gus Ipul.

“Dan kemudian juga kita mau tahu latar belakangnya dan siapa yang memberangkat mereka kesana, untuk keperluan apa, mah nanti siang lah inshaAllah nanti udah ada kabar, nanti akan ada rilis secara resmi yang disampaikan oleh ketua umum.”

Baca Juga: Ketua Umum PBNU Panggil 5 Tokoh NU yang Bertemu Presiden Israel Siang Ini

Dalam keterangannya Gus Ipul kemudian memastikan jika PBNU sebagai lembaga tidak mengetahui perihal keberangkatan dan pertemuan 5 tokoh NU dengan Presiden Israel Isaac Herzog. Tak hanya itu, Gus Ipul juga menegaskan tidak ada izin apalagi mandat dari PBNU untuk 5 tokoh NU tersebut ke Israel.

“Kita kemudian kaget luar biasa adanya foto-foto yang beredar itu, video-video yang beredar, yang mana tentu kita tidak sekadar menyayangkan, banyak sekali juga yang mengecam, sekaligus juga kita ingin ada tindakan-tindakan organisasi,” ujar Gus Ipul.

“Nah karena itu lah kita perlu tabayun pada yang bersangkutan karena ini untuk memperjelas persolan jangan cuma berdasarkan spekulasi. Kalau lihat sepintas sih, mereka diundang karena di belakang ada nama NU-nya.”


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x