Kompas TV nasional peristiwa

Ridwan Kamil Dipertimbangkan 52,3 Persen Warga Jakarta untuk Dipilih, Melampaui Anies dan Ahok

Kompas.tv - 16 Juli 2024, 09:57 WIB
ridwan-kamil-dipertimbangkan-52-3-persen-warga-jakarta-untuk-dipilih-melampaui-anies-dan-ahok
Mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil. (Sumber: Kompas.tv/Ant/Humas Pemda Jawa Barat)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Tidak kurang dari 52,3 persen warga Jakarta mempertimbangkan akan memilih Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jakarta pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Sementara warga yang sudah pasti memilih Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta ada 24 persen, tidak akan memilih atau resistensi 12 persen dan 8,3 persen menyatakan tidak tahu.

Demikian hasil survei teropong Kompas periode 15-25 Juni 2024 yang diselenggarakan dengan melibatkan 11 peneliti Litbang Kompas dikutip KompasTV, Selasa (16/7/2024).

Peluang untuk dipertimbangkan oleh warga Jakarta sebagai Gubernur Jakarta juga diilakukan terhadap banyak nama seperti halnya Anies Baswedan. Mantan gubernur Jakarta tersebut, dipastikan akan dipilih oleh 39 persen warga dan 36,3 persennya mempertimbangkan akan memilih Anies. Sementara itu, setidaknya 17,3 persen tidak akan memilih dan 7,5 persen menjawab tidak tahu.

Baca Juga: Survei Pilkada 2024: 39 Persen Warga Jakarta Pasti Pilih Anies dan 34,5 Persen Memilih Ahok

Kemudian untuk Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, hasil survei menunjukkan 34,5 persen warga pasti akan memilihnya dan 39,5 persen mempertimbangkannya. Selebihnya, ada 17,8 persen yang dipastikan tidak akan memilih Ahok dan 8,3 persen menjawab tidak tahu.

Jika mengkalkulasi pemilih yang pasti dan mempertimbangkan akan memilih, Ridwan Kamil menempati posisi tertinggi dengan angka 76,3 persen, disusul Anies 75,3 persen, dan Ahok 74 persen.

Di luar tiga nama tersebut, ada juga sejumlah tokoh pada Pilkada Jakarta yang meraih angka cukup signifikan. Seperti halnya Erick Thohir yang pasti akan dipilih 16 persen warga Jakarta dan dipertimbangkan oleh 45,5 persen pemilih lainnya.

Selain Erick Thohir ada juga nama Sri Mulyani, Kaesang Pangarep, dan Andika Perkasa yang sama-sama memperoleh 41,8 persen untuk dipertimbangkan sebagai Gubernur Jakarta.

Baca Juga: PBNU soal 5 Cendikiawan NU Bertemu Presiden Israel Isaac Herzog: Itu Sangat Disesalkan

Namun untuk warga Jakarta yang pasti memilih ketiganya memiliki perolehan berbeda-beda. Sri Mulyani pasti dipilih oleh 10,3 persen warga Jakarta, sementara Kaesang 9,8 persen dan Andika 7,8 persen.

Setelah itu, ada nama Tri Rismaharini yang dipastikan akan dipilih 6,5 persen warga Jakarta dan 32,3 persen masih mempertimbangkannya. Di posisi terakhir ditempati Heru Budi Hartono yang pasti dipilih 2,8 persen warga jakarta dan dipertimbangkan oleh 33,5 oleh pemilih.


 




Sumber : Kompas TV, Kompas.id




BERITA LAINNYA


VOD

KPU Ikuti Putusan MK soal Pilkada 2024

23 Agustus 2024, 00:09 WIB

Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x