Kompas TV nasional peristiwa

Survei Pilkada 2024: 39 Persen Warga Jakarta Pasti Pilih Anies dan 34,5 Persen Memilih Ahok

Kompas.tv - 16 Juli 2024, 08:55 WIB
survei-pilkada-2024-39-persen-warga-jakarta-pasti-pilih-anies-dan-34-5-persen-memilih-ahok
Foto arsip. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok (kanan) bersama calon Gubernur DKI Anies Baswedan (kiri) saling berjabat tangan usai melakukan pertemuan di Balai Kota, Jakarta, Kamis (20/4/2017). (Sumber: Kompas.tv/Ant/Hafidz Mubarak A)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Nama Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menjadi sosok terkuat untuk dipilih kembali dalam Pilkada Jakarta. Anies memiliki elektabilitas tidak kurang 29,8 persen sementara Ahok ada di posisi kedua dengan angka 20 persen.

Demikian hasil survei teropong Kompas periode 15-25 Juni 2024 yang diselenggarakan dengan melibatkan 11 peneliti Litbang Kompas.

Selain nama Anies dan Ahok, ada nama Ridwan Kamil yang elektabilitasnya sebagai calon gubernur Jakarta berada di posisi ketiga atau 8,5 persen. Selanjutnya ditempati Erick Thohir di urutan keempat dengan perolehan 2,3 persen dan Sri Mulyani di urutan ke lima dengan angka dukungan 1,3 persen.

Baca Juga: Jokowi sebut PLN Bangun Jaringan Listrik di Perbatasan Wutung, Papua Nugini: Sudah Menyala Hari Ini

Sementara nama Tri Rismaharini, Heru Budi Hartono, Kaesang Pangarep, dan Andika Perkasa berada di posisi 1,0 persen.

Dikutip dari Kompas.id, Selasa (16/7/2024) potensi penguasaan dukungan Anies dalam Pilkada Jakarta memang cukup signifikan. Anies bukan hanya punya bekal potensi elektablitas yang relatif tinggi, tapi juga didukung barisan pemilih yang loyal atau strong voters.

Bahkan berdasar hasil survei mengungkapkan, jika Pilkada Jakarta dilakukan hari ini ada 39 persen warga Jakarta pasti akan memilih Anies Baswedan. Sementara Ahok, dipastikan 34,5 persen warga Jakarta akan memilihnya.

Gambaran masih terbukanya peluang perubahan penguasaan dukungan pemilih tidak lepas dari pengaruh politik Anies dan Ahok yang pernah menjadi Gubernur Jakarta.

Baca Juga: PBNU sebut 5 Cendekiawan NU ke Israel Kunjungan Pribadi: Kita Tidak Tahu Tujuan dan Siapa Sponsornya

Oleh karena itu, keduanya dinilai berhasil di mata pendukungnya dalam menjalankan kepemimpinan untuk Jakarta.

Namun terhadap kinerja, sebanyak 44,5 persen warga Jakarta menilai Ahok paling baik disusul Anies di posisi 36,8 persen. Sisanya tersebar pada para sosok gubernur Jakarta lainnya.

Lebih jauh dari itu, pendukung Anies ataupun pendukung Ahok punya keinginan kuat jika kedua sosok itu kembali melanjutkan periode kepemimpinannya di Jakarta.


 




Sumber : Kompas TV, Kompas.id




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x