Kompas TV nasional rumah pemilu

PDIP Sebut Nama Anies dan Ahok Menguat untuk Diusung di Pilkada Jakarta 2024

Kompas.tv - 15 Juli 2024, 17:03 WIB
pdip-sebut-nama-anies-dan-ahok-menguat-untuk-diusung-di-pilkada-jakarta-2024
Eriko Sotarduga, Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyebut pertimbangan kinerja dan politis dalam wacana reshuffle merupakan sesuatu yang pasti. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga menyebut, sudah ada lima nama yang kini menguat diusung partainya dalam gelaran Pilkada Jakarta 2024.

Kelima nama itu ialah Anies Baswedan, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Andika Perkasa, Djarot Saiful Hidayat dan Tri Rismaharini.

Ia mengakui kalau partainya memiliki potensi besar untuk mengusung Anies dalam pesta demokrasi yang berlangsung pada 27 November mendatang. 

"Jujur kalau yang menguat itu ada 5, yang menguat ya, Pak Anies, Pak Ahok, Mas Andika, Bu Tri Risma sama Mas Djarot," kata Eriko kepada wartawan, Senin (15/7/2024). 

Baca Juga: Momen Kaesang Pangarep Singgung Survei Anies Baswedan di Jakarta Paling Tinggi, Tapi...

"Kita harus jujur juga mengakui bahwa memang potensi Pak Anies besar. Sampai saat ini dari hasil survei-survei yang beredar masih Pak Anies yang tertinggi," sambungnya. 

Eriko mengatakan, pihaknya juga sudah melakukan komunikasi dengan partai-partai yang sudah mengusung Anies di Pilkada Jakarta, seperti PKB dan PKS.

"Ya, itu kami sudah bicara formal. Tapi secara resmi nanti tentunya kami akan membicarakan lagi di dalam. Karena apapun juga setelah itu kami harus melaporkan kepada Ibu Ketua Umum," ujarnya. 

Meski begitu, kata dia, pihaknya belum memutuskan nama bakal calon wakil gubernur dengan partai politik lainnya. 

Namun, pihaknya memberikan syarat bila nanti Anies diusung, pendampingnya harus merupakan kader partai berlambang kepala banteng moncong putih tersebut. 

Baca Juga: Megawati Lantik Pengurus DPP PDIP, Ganjar Ketua Bidang Otonomi Daerah, Ahok Bidang Perekonomian

"Nah apakah misalnya Pak Anies calon Gubernur kami tentu mengisyaratkan untuk mengisi dengan kader kami kan begitu kan. Karena kami kan urutan nomor 2 di Jakarta, sudah sewajarnya kader kami harus mendampingi kan begitu,” kata Eriko.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x