Kompas TV nasional peristiwa

OPM Bakar SMPN Okbab, Kapendam: Organisasi Papua Merdeka Ingin Anak-anak Tidak Sekolah

Kompas.tv - 15 Juli 2024, 10:40 WIB
opm-bakar-smpn-okbab-kapendam-organisasi-papua-merdeka-ingin-anak-anak-tidak-sekolah
Organisasi Papua Merdeka (OPM) membakar bangunan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Okbab yang terletak di Kampung Borban, Distrik Okbab, Kabupaten Penggunungan Bintang, Provinsi Papua Pegunungan, Sabtu sekitar pukul 11.30 WIT. (Sumber: istimewa)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

PAPUA, KOMPAS.TV- Organisasi Papua Merdeka (OPM) membakar bangunan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Okbab yang terletak di Kampung Borban, Distrik Okbab, Kabupaten Penggunungan Bintang, Provinsi Papua Pegunungan, Sabtu sekitar pukul 11.30 WIT.

Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan mengaku mengecam tindakan tidak berperikemanusiaan yang dilakukan OPM pada fasilitas Pendidikan.

Demikian Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas TV, Senin (25/7/2024).

Baca Juga: Guru Besar: Problem Kasus Vina-Eky Bukan Hanya Polisi tapi Peradilan, Tidak Perhatikan Rasa Keadilan

“Aksi pembakaran sekolah berulang dan memang OPM menginginkan anak-anak tidak sekolah,” ucap Kapendam XVII/Cenderawasih.

Menurut Kapendam XVII/Cenderawasih, aksi pengrusakan yang dilakukan OPM terhadap fasilitas Pendidikan memang ditujukan untuk menghancurkan masa depan anak-anak di wilayah setempat.

“Aksi OPM ini menghancurkan masa depan anak-anak, yang sejatinya semangat dan antusiasme belajar anak-anak sangat tinggi untuk bersekolah,” ungkap Kapendam XVII/Cenderawasih.

Baca Juga: Susno Duadji Minta Polri Berbenah usai Kalah dalam Sidang Praperadilan Pegi: Jangan Selalu Ngotot

Saat ini, sambung Kapendam XVII/Cenderawasih, aparat keamanan sedang melakukan pengejaran terhadap gerombolan OPM yang telah melakukan pembakaran SMP Negeri Okbab.

Di sisi lain, Kapendam XVII/Cenderawasih menegaskan jika Kodam XVII/Cenderawasih terus berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah ini.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x