Kompas TV nasional peristiwa

Peringatan Dini BMKG Minggu 14 Juli 2024: 6 Wilayah Diprediksi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Kompas.tv - 14 Juli 2024, 06:15 WIB
peringatan-dini-bmkg-minggu-14-juli-2024-6-wilayah-diprediksi-hujan-lebat-disertai-angin-kencang
Ilustrasi. BMKG mengimbau masyarakat mewaspadai potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat dan angin kencang pada Minggu, 14 Juli 2024. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem untuk Minggu (14/7/2024).

Dilansir laman resminya, BMKG memprediksi sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi mengalami cuaca ekstrem pada 14 Juli 2024.

Ada enam wilayah yang berpotensi diguyur hujan lebat disertai angin kencang yaitu Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Papua Barat dan Papua.

Sementara wilayah Kep. Riau, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara juga berpotensi mengalami hujan.

Sebelumnya BMKG menjelaskan, sejumlah wilayah di Indonesia masih berpotensi mengalami cuaca ekstrem karena adanya bibit siklon tropis 90W yang terpantau berada di Laut Filipina, dengan tekanan 1006 hPa dan kecepatan angin maksimum 15 knots.

Bibit siklon tropis ini memiliki pergerakan ke arah Timur Laut dengan potensi untuk menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan berada dalam kategori rendah. 

Baca Juga: BMKG Imbau Waspada Dampak Bahaya Hujan Lebat di Wilayah-Wilayah Ini pada 12-18 Juli 2024

Sistem ini membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) dari Laut Maluku hingga Laut Filipina, di Maluku Utara, di Samudera Pasifik sebelah utara Papua, serta daerah pertemuan angin (konfluensi) di Samudera Pasifik sebelah utara Papua.

Sirkulasi Siklonik juga terpantau di sekitar Teluk Cendrawasih yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Papua Barat Daya, dari Papua Tengah hingga Papua Barat, di Papua Pegunungan dan di Papua.

Daerah konvergensi lain memanjang di Aceh, di Sumatera Utara, di Perairan Barat Bengkulu, di Jambi, dari Laut Natuna hingga Laut China Selatan, di Kalimanan Selatan, di Kalimantan Utara, dari Sulawesi Tenggara, Teluk Bone, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, hingga Selat Makassar, di Sulawesi Tengah, di Jawa Barat bagian tenggara, di pesisir utara Jawa Timur, di NTB, dan di NTT.

Kondisi tersebut, mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar Sirkulasi Siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Berikut selengkapnya wilayah-wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat dan angin kencang menurut BMKG pada Minggu (14/7/2024).

Wilayah yang berpotensi diguyur hujan lebat dan dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

  • Kalimantan Utara
  • Sulawesi Utara
  • Sulawesi Tengah
  • Sulawesi Selatan
  • Papua Barat
  • Papua

Wilayah yang berpotensi dilanda hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

  • Kep. Riau
  • Kalimantan Timur
  • Gorontalo
  • Sulawesi Barat
  • Sulawesi Tenggara 

Baca Juga: Ada Badai Magnet, BMKG Sebut Masyarakat Indonesia Tak Perlu Khawatir, Ini Penjelasannya


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x