Kompas TV nasional rumah pemilu

Ditanya soal Pilkada, Jusuf Hamka: Kalau Bisa Memilih, Saya Ingin Bangun Kalimantan Timur

Kompas.tv - 14 Juli 2024, 05:35 WIB
ditanya-soal-pilkada-jusuf-hamka-kalau-bisa-memilih-saya-ingin-bangun-kalimantan-timur
Pengusaha Jusuf Hamka bersama Mahfud MD saat masih menjabat Menko Polhukam, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, pada Selasa (13/6/2023). (Sumber: Kompas.com/Nirmala Maulana Achmad )
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pengusaha Jusuf Hamka atau Babah Alun, mengaku jika dapat memilih, ia ingin membangun kampung halamannya di Kalimantan Timur (Kaltim).

Pernyataan tersebut ia sampaikan dalam wawancara dengan wartawan mengenai wacana dirinya maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Sabtu (13/7/2024).

“Jadi kalau saya, kalau bisa milih membangun, saya kepingin membangun kampung saya, Kalimantan Timur,” tuturnya di Jakarta, dikutip dari Youtube Kompas TV.

“Saya bangun kampung saya yang saya jadi warga kehormatan, Sumedang. Kan saya sudah bangun Sumedang, 62 kilometer, jalan tol Cisumdawu.”

Baca Juga: Jusuf Hamka Siap Dampingi Ridwan Kamil di Pilkada Jabar jika Diperintahkan Golkar

Ia mengaku selama ini sudah sangat berbahagia karena bisa membuat desa-desa kecil di Sumedang, Jawa Barat menjadi kota-kota kecil baru.

Dalam kesempatan itu, Jusuf juga menjawab pertanyaan mengenai kabar yang menyebut Ridwan Kamil akan maju di Pilkada Jawa Barat (Jabar) setelah muncul wacana dirinya akan diusung Partai Golkar maju di Pilkada Jakarta mendampingi Kaesang Pangarep.

Jusuf mengaku akan taat pada perintah partai, termasuk jika nantinya diperintahkan untuk maju di Pilkada Jabar.

“Saya nggak tahu, saya sesuai perintah (partai). Kalau saya diperintah ke Jawa Barat jadi wakilnya Pak Ridwan, saya juga oke,” ucapnya.

Mengenai kesiapannya menjadi kandidat cawagub pendamping Kaesang di Pilkada Jakarta, Jusuf mengatakan itu tergantung perintah.

“Siap nggak siapnya tergantung perintah. Ini kan baru wacana kalau Pak Kaesang maju di Jakarta. Kalau saya kan loyal pada perintah atasan saya, karena saya kan dari tahun 1969, waktu itu saya masih SMP, waktu itu saya ikut kegiatan Pramuka,” bebernya.

“Pramuka itu dulu di kwartir nasional, Kwarnas Pramuka, dan waktu itu underbow Golkar semuanya. Jadi kami sudah lama memang dengan Golkar, jadi nggak asinglah kami di Golkar, bahkan boleh dibilang saya di teman-teman Golkar saat ini masuk salah satu dari 10 yang paling senior.”

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan pihaknya menyiapkan Jusuf Hamka sebagai pasangan Kaesang, bila putra bungsu Presiden Joko Widodo itu memutuskan maju pada Pilkada Jakarta 2024.

Baca Juga: Tiba di Rumah Mahfud MD, Begini Kata Jusuf Hamka

"Untuk mendukung Kaesang, seandainya beliau memilih Jakarta, saya siapkan kader Partai Golkar yang sudah malang melintang di infrastruktur, yaitu Babah Alun," kata Airlangga di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Kamis (11/7).

Meski demikian, ia mengakui  masih banyak waktu untuk membahas wacana tersebut karena pendaftaran dibuka pada 27-29 Agustus 2024.

Pihaknya pun tidak akan terburu-buru, dan akan menggunakan survei sebagai basis dalam menentukan pasangan calon. Selain itu, penentuan pasangan calon juga akan dibicarakan dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Masih ada waktu dua bulan, tetapi apabila kesempatan itu ada, dan Kaesang siap untuk maju, Partai Golkar akan mendukung," ujarnya.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x