Kompas TV nasional peristiwa

Trem Otonom untuk IKN Sudah Dikirim dari China, Beroperasi Agustus 2024

Kompas.tv - 13 Juli 2024, 05:35 WIB
trem-otonom-untuk-ikn-sudah-dikirim-dari-china-beroperasi-agustus-2024
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan, rangkaian Autonomous Rail Transit (ART) atau Trem Otonom dijadwalkan tiba di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada akhir Juli dan beroperasi pada Agustus 2024. (Sumber: Dok. Kemenhub)
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

PENAJAM PASER UTARA, KOMPAS.TV - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan, rangkaian Autonomous Rail Transit (ART) atau Trem Otonom dijadwalkan tiba di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada akhir Juli dan mulai beroperasi pada Agustus 2024. 

Setelah sampai di IKN, komponen Trem Otonom rencananya akan dirakit dan mulai diuji coba secara internal. 

Hal tersebut disampaikan Menhub saat meninjau lokasi jalur Trem Otonom di Jalan Sumbu Kebangsaan pada Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Jumat (12/7/2024). 

“Rangkaian Trem Otonom telah dikirim dari China pada awal Juli 2024. Menurut perhitungan, kapal ekspedisi yang mengangkut Trem Otonom tersebut akan tiba di Pelabuhan Balikpapan dan dijadwalkan tiba di IKN pada akhir Juli 2024 setelah proses kepabeanan selesai," kata Budi, Jumat, dikutip dari laman resmi Kementerian Perhubungan. 

Baca Juga: 12 Tower Rusun ASN dan 4 Tower Gedung Kemenko di IKN Siap Fungsional 17 Agustus 2024

"Dengan demikian, Trem Otonom dipastikan sudah bisa beroperasi pada Agustus 2024,” tambahnya. 

Selanjutnya, akan dilakukan persiapan dan pelaksanaan pengujian bersama, dilanjutkan dengan pelaksanaan Proof of Concept (POC) pada Agustus 2024. Adapun rencana showcase alias unjuk kerja akan dilaksanakan pada Oktober hingga Desember 2024.

“Semoga jadwal ini dapat terealisasi sesuai rencana, dan Trem Otonom di IKN benar-benar bisa menginspirasi kota-kota lain di Indonesia dalam hal mengembangkan transportasi cerdas,” ujarnya. 

Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II itu menambahkan, Trem Otonom merupakan lompatan penggunaan teknologi baru dalam dunia transportasi di Indonesia, yakni kereta api tanpa rel. 

Baca Juga: 14 Rumah Jabatan Menteri di IKN Siap Difungsikan untuk Perayaan HUT RI 17 Agustus 2024




Sumber : KOMPAS TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x