Kompas TV nasional peristiwa

BMKG Imbau Waspada Dampak Bahaya Hujan Lebat di Wilayah-Wilayah Ini pada 12-18 Juli 2024

Kompas.tv - 12 Juli 2024, 07:49 WIB
bmkg-imbau-waspada-dampak-bahaya-hujan-lebat-di-wilayah-wilayah-ini-pada-12-18-juli-2024
Ilustrasi hujan dan angin kencang. BMKG mengimbau waspada potensi cuaca ekstrem (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Dian Nita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali memberikan imbauan untuk waspada dampak hujan lebat di beberapa wilayah.

Menurut BMKG, hujan lebat kategori waspada berpotensi melanda beberapa wilayah pada hari ini, Jumat (12/7/2024) hingga 18 Juli 2024.

BMKG menjelaskan dinamika atmosfer saat ini, dalam skala global, nilai Ocean Dipole, Indeks Osilasi Selatan (SOI), dan Nino 3.4 tidak signifikan terhadap peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia.

Adapun Madden Julian Oscillation (MJO) berada pada fase 4 (Maritime Continent) yang kurang berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia.

"Aktivitas gelombang atmosfer Rossby Ekuatorial terpantau aktif di di Pulau Sumatra kecuali Lampung, Kalimantan, Sulawesi bagian utara hingga tengah, Maluku Utara, Papua Barat Daya, Papua Barat, dan Papua," tulis BMKG melalui akun Instagram, Kamis (11/7).

Baca Juga: Peringatan Dini BMKG 12-13 Juli 2024, Ini Wilayah yang Diprediksi Hujan Lebat

Selain itu, lanjut BMKG, gelombang Kelvin terpantau di Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat Daya, Papua Barat, dan Papua. 

Menurut BMKG, faktor-faktor mendukung potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah-wilayah tersebut.

Selain itu, sirkulasi siklonik terpantau di Samudra Pasifik timur Filipina, yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di sekitar Filipina hingga Samudra pasifik timur Filipina serta serta daerah pertemuan angin (konfluensi) memanjang di Samudra di Laut Andaman, di Laut Cina Selatan, dan di Samudra Pasifik timur Filipina

Peringatan Dini 12-18 Juli 2024

BMKG mengatakan, secara umum, kombinasi fenomena-fenomena cuaca tersebut diprakirakan menimbulkan potensi cuaca signifikan dalam periode 12-18 Juli 2024, berupa:

Potensi Hujan sedang - lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang terdapat di wilayah Aceh, Sumatera Barat, Riau, Kep. Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat Daya, Papua Barat, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua, dan Papua Selatan.

Baca Juga: Teks Khotbah Jumat dari Kemenag: Keutamaan 10 Muharam 1446 H

Potensi dampak dari bahaya hujan lebat Kategori Waspada terdapat di wilayah Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Papua Barat, Papua Tengah, Papua, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan.

Potensi Angin Kencang di Aceh, Riau, Kep. Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Maluku, Papua Barat Daya, Papua Barat, dan Papua Selatan.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x