Kompas TV nasional peristiwa

14 Rumah Jabatan Menteri di IKN Siap Difungsikan untuk Perayaan HUT RI 17 Agustus 2024

Kompas.tv - 12 Juli 2024, 03:40 WIB
14-rumah-jabatan-menteri-di-ikn-siap-difungsikan-untuk-perayaan-hut-ri-17-agustus-2024
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono berfoto di rumah dinasnya di IKN, Kalimantan Timur. (Sumber: Antara/Muzdaffar Fauzan)
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan ada 14 Rumah Tapak Jabatan Menteri di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, yang telah selesai dibangun dan disiapkan untuk perayaan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024.

Ketua Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN yang berada di bawah Kementerian PUPR, Imam Santoso Ernawi mengatakan, progres pembangunan Rumah Tapak Jabatan Menteri di IKN secara keseluruhan per 4 Juli 2024 telah mencapai 94,65 persen.

"Rumah Tapak Menteri ini untuk Agustusan, kita siapkan 14 unit dari total 36 unit. Sebanyak 14 unit Rumah Tapak Menteri tersebut yang disiapkan tersebut berada di Persil 105," kata Imam dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (11/7/2024). 

"Ini semuanya tentunya kita siapkan, termasuk furnitur yang ada di dalamnya," tambahnya, seperti dikutip dari Antara

Baca Juga: Jokowi Berkantor di IKN Diundur, Jusuf Kalla: Pindah Ibu Kota Tak Bisa Waktu Singkat

Rumah jabatan menteri di IKN dibangun sesuai dengan konsep compact city, yaitu menekankan pada perencanaan lingkungan tempat tinggal yang terintegrasi dengan beberapa prinsip, seperti efisiensi lahan, aksesibilitas, dan gaya hidup berkelanjutan.

Rumah menteri di IKN memiliki luas tanah sekitar 1.000 meter persegi dengan luas bangunan sekitar 500 meter persegi, dan terdiri atas dua lantai.

Kementerian PUPR hingga saat ini sedang menyelesaikan 36 rumah jabatan menteri di IKN yang terbagi di dua kawasan, yakni 24 unit rumah di persil 104 dan 12 unit di persil 105.

Selain rumah jabatan menteri, kata Imam, Istana Negara juga sudah bisa difungsikan pada akhir Juli 2024. 

Baca Juga: Djarot Kritik Proyek IKN, Grace Ajak Lihat Langsung: Banyak Info Menyesatkan, Hati-Hati Kepleset

"Kita bisa melihat bahwa Istana Negara nanti akhir Juli akan fungsional," ujarnya. 

Dia menambahkan, Lapangan Upacara sudah bisa berfungsi 100 persen dan siap digunakan untuk upacara HUT Kemerdekaan RI di IKN. Lapangan tersebut memiliki kapasitas besar sehingga dapat menampung 8.000 orang.

"Lapangan upacara sudah bisa, podiumnya juga sudah selesai gitu, semua sudah berfungsi 100 persen dan siap untuk digunakan untuk upacara HUT RI," ucapnya. 

Imam mengatakan progres pembangunan Istana Negara dan Lapangan Upacara di IKN per 4 Juli telah mencapai 82,73 persen. Sedangkan pembangunan Kantor Presiden telah mencapai 88,54 persen.

Baca Juga: Ini Alasan Presiden Jokowi Batal Berkantor di IKN Bulan Juli 2024

Kementerian PUPR akan melakukan test and commisioning atau uji coba terhadap Istana Negara, Kantor Presiden, dan Lapangan Upacara pada Juli.

"Juli ini adalah memang bulan yang kita sebut sebagai test and commissioning, jadi bulan uji coba supaya pada Agustus bersih," ucapnya.


 



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x