Kompas TV nasional hukum

Cerita Pegi Setiawan saat Dirinya Ditangkap: Surat Penangkapan Itu Tidak Ada

Kompas.tv - 9 Juli 2024, 10:28 WIB
cerita-pegi-setiawan-saat-dirinya-ditangkap-surat-penangkapan-itu-tidak-ada
Pegi Setiawan (tengah) saat memberikan keterangan pers usai bebas dari tahanan di Polda Jabar, Senin (8/7/2024). (Sumber: Tribun Jabar/Muhamad Nandri Prilatama.)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pegi Setiawan mengungkapkan tidak ada surat penangkapan dari penyidik Polda Jawa Barat saat dirinya ditangkap.

Hal itu diungkap Pegi Setiawan dalam wawancaranya dengan jurnalis Kompas TV Adisty Larasati dalam program Sapa Indonesia Pagi Kompas TV, Selasa (9/7/2024).

“Jadi perihal surat penangkapan itu tidak ada, tidak melihat mereka menunjukkan surat penangkapan, tidak ada sama sekali,” tegas Pegi.

Pegi menceritakan, posisi dirinya waktu ditangkap oleh penyidik Polda Jawa Barat tengah bekerja mengantarkan anak majikannya ke rumah neneknya.

“Saya itu dari awal ngantar sekolah anak-anak mantan bos saya, ya jemput sekolah, terus waktu itu tiba di sekolah, lalu saya sudah jemput dianterin ke rumah neneknya. Dan setelah itu, setelah sampai di rumah nenek itu, saya berbincang sebentar dengan pihak keluarga dari anak itu, terus tidak berselang lama langsung ada pihak kepolisian nangkap saya dan langsung membawa saya,” ujar Pegi.

Baca Juga: Pegi Setiawan Berniat Temui Keluarga Vina Cirebon: Ingin Mengucapkan Belasungkawa

Usai ditangkap, kata Pegi, dirinya dibawa ke polsek terdekat dan selanjutnya dibawa ke Polda Jawa Barat.

“Mereka langsung membawa saya ke Polsek, lalu ke Polda. Yang saya ingat (polisi mengatakan -red) 'akhirnya kamu bisa ketangkap setelah 8 tahun DPO',” ujar Pegi.

Menurut Pegi, ketika dirinya ditangkap, ia sempat menanyakan kepada polisi alasan penangkapan dirinya.

Ketika itu, Pegi mengaku bukan sebagai pihak yang dimaksud oleh penyidik Polda Jawa Barat.

“Saya kenapa ditangkap Pak, namun mereka bilang, 'kamu ini pihak pembunuh', gini, gini, gini, jadi saya tidak bisa berkata lain, saya hanya diam,” ucap Pegi.

“Pas di BAP (Berita Acara Pemeriksaan), saya mengungkapkan isi hati saya karena saya tidak pernah melakukan itu, saya membela diri saya.”

Baca Juga: Megawati Minta Penyidik Rossa Menghadapnya, Begini Respons KPK

Pegi menjelaskan, dirinya tengah berada di Bandung saat peristiwa pembunuhan terhadap Vina dan Eky terjadi di Cirebon.

“Saya pas kejadian itu ada di Bandung, jadi posisinya gimana kalau misalkan dituduhkan bahwa saya malam itu ada di Cirebon, melakukan penusukan, terus saya yang menyuruh mereka melakukan pemerkosaan, saya yang pelaku utama, itu gimana? Sementara tubuh saya ada di Bandung, masa iya saya langsung hilang ada di Cirebon,” jelas Pegi.

“Saya selalu mengatakan itu, tapi mereka tetap bersikukuh, bersiteguh mereka yakin bahwa saya (melakukan) pembunuhan.”


 

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x