Kompas TV nasional humaniora

7 Tips Semangati Anak Kembali ke Sekolah setelah Libur Panjang

Kompas.tv - 9 Juli 2024, 13:30 WIB
7-tips-semangati-anak-kembali-ke-sekolah-setelah-libur-panjang
Seorang anak siswa SD menguap saat berbaris di hari pertama sekolah di SDN 1 Depok Jaya, Kota Depok, Jawa Barat. Hari pertama sekolah di Depok disambut sukacita oleh para siswa, terkhusus siswa kelas 1 SD. (Sumber: KOMPAS/FAKHRI FADLURROHMAN)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Liburan panjang sering kali menjadi momen yang dinantikan oleh anak-anak. Namun, kembali ke rutinitas sekolah setelah liburan bisa menjadi tantangan tersendiri.

Banyak orang tua yang mendapati anak-anak mereka kurang bersemangat untuk kembali ke sekolah. Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa tips yang dapat membantu orang tua mempersiapkan anak-anak agar lebih semangat menghadapi tahun ajaran baru.

Psikolog klinis anak dan remaja dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi., M.Psi., memberikan beberapa tips praktis bagi orang tua untuk membantu anak-anak mereka menghadapi transisi ini dengan lebih mudah.

1. Tanamkan Persepsi Positif tentang Sekolah

Vera menekankan pentingnya menanamkan hal-hal positif tentang sekolah kepada anak.

“Tanamkan hal positif tentang sekolah, misalnya banyak teman untuk bermain, hindari memberikan tuntutan berlebihan pada anak,” ujarnya dikutip dari Antara, Sabtu (6/7/2024). Hindari memberikan tuntutan berlebihan yang dapat membuat anak merasa tertekan.

2. Perkenalkan Lingkungan Sekolah sebelum Hari Pertama

Bagi anak-anak yang baru naik jenjang pendidikan, seperti dari Taman Kanak-Kanak (TK) ke Sekolah Dasar (SD), mengunjungi sekolah sebelum hari pertama bisa membantu mereka merasa lebih nyaman.

Mengajak anak bermain di lingkungan sekolah sebelum hari pertama dapat membantu mereka mengenal calon sekolah mereka dan mengurangi rasa cemas.

3. Kembangkan Potensi Anak secara Menyeluruh

Vera juga menekankan pentingnya tidak memberikan tuntutan berlebihan pada anak. Mengembangkan kelebihan anak tidak hanya dalam bidang akademis tetapi juga non-akademis seperti olahraga atau seni dapat membantu anak merasa lebih percaya diri dan termotivasi.

Baca Juga: Mengisi Liburan Sekolah, Orang Tua Daftarkan Anak Sunat Massal Gratis di Makassar

4. Persiapkan Anak di Hari Pertama Sekolah




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x