Kompas TV nasional hukum

Jelang Putusan Praperadilan Besok, Kuasa Hukum Yakin Pegi Bebas: Banyak Kejanggalan dari Polda Jabar

Kompas.tv - 7 Juli 2024, 20:30 WIB
jelang-putusan-praperadilan-besok-kuasa-hukum-yakin-pegi-bebas-banyak-kejanggalan-dari-polda-jabar
Pegi Setiawan (PS) alias Perong, tersangka pembunuhan Vina di Cirebon, dihadirkan Polda Jawa Barat dalam konferensi pers, Minggu (26/5/2024). Kuasa hukum Pegi Setiawan, Sugianti Iriani meyakini kliennya bisa bebas melalui gugatan sidang praperadilan atas penetapan kliennya sebagai tersangka kasus pembunuhan Vina dan Eky.  (Sumber: Tangkapan Layar YouTube KompasTV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kuasa hukum Pegi Setiawan, Sugianti Iriani meyakini kliennya bisa bebas melalui gugatan sidang praperadilan atas penetapan kliennya sebagai tersangka kasus pembunuhan Vina dan Eky.

Seperti diketahui, sidang putusan praperadilan Pegi Setiawan bakal digelar majelis hakim Pengadilan Negeri Bandung, Jawa Barat (Jabar) pada Senin (8/7/2024) besok.

"Saya yakin Pegi bisa bebas," kata Sugianti dalam Kompas Petang di KompasTV, Minggu (7/7).

Keyakinan tersebut didasari atas kejanggalan-kejanggalan Polda Jabar dalam penangkapan, penetapan tersangka, hingga penggeledahan di rumah Pegi Setiawan.

"Karena banyak kejanggalan-kejanggalan yang dilakukan Polda Jabar, terutama SOP yang tidak dilakukan oleh Polda Jabar," ujarnya.

"Diantaranya pada saat penggeledahan, penyitaan, tidak ada penetapan pengadilan. Walaupun misalnya ada surat penetapan pengadilan tapi dilakukannya setelah penggeledahan dilakukan, itukan dilakukan jika keadaan mendesak."

Ia juga menyoroti terkait bukti permulaan yang dimiliki Polda Jabar untuk menetapkan Pegi Setiawan sebagai tersangka. Menurutnya bukti tersebut tidak memiliki keterkaitan dengan dugaan tindak pidana Pegi Setiawan.

"Yang ditangkap juga tidak sesuai dengan DPO, karena alamat sangat berbeda jauh," tegasnya.

Seperti diketahui, Pegi alias Perong dalam ciri-ciri DPO beralamat di Desa Banjarwangunan, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, sementara Pegi Setiawan bertempat tinggal di Dusun I Blok Simaja, RT 04 RW02, Desa Kepompongan, Kecamatan Tulung, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

"Penetapan tersangka tidak sah menurut kami dengan kejanggalan-kejanggalan inprosedural yang dilakukan oleh Polda Jabar," tegasnya.

Baca Juga: 2 DPO Vina Fiktif Diungkit di Sidang Pegi, Ini Kata Mantan Kabareskrim

Sidang praperadilan kasus pembunuhan Vina dan Eky di Cirebon, yaitu Pegi Setiawan telah memasuki akhir.

Jumat (5/7) lalu, PN Bandung telah menggelar sidang kesimpulan. Dan rencananya putusan akan dibacakan pada Senin (8/7) besok.

Sementara itu, hakim tunggal Eman Sulaeman menegaskan akan memutus sidang praperadilan Pegi Setiawan dengan objektif.

Ia juga menekankan putusan praperadilan yang akan dibacakan besok merupakan putusan terbaik bagi pihak kuasa hukum Pegi Setiawan maupun tim hukum Polda Jabar.

"Saya tidak punya kepentingan dalam perkara ini, saya akan memutus secara objektif," tegasnya, saat membuka sidang praperadilan Pegi Setiawan, di PN Negeri Bandung, Jumat (5/7).

"Saya akan memberikan putusan yang terbaik. Terbaik ini bukan untuk pemohon atau termohon, tetapi keputusan yang terbaik untuk Indonesia."

Baca Juga: Digelar Besok, Keluarga Pegi Bakal Hadiri Sidang Putusan Praperadilan


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x