Kompas TV nasional humaniora

Tes CPNS 2024 Diundur Lagi, Begini Penjelasan Menteri PANRB

Kompas.tv - 4 Juli 2024, 20:03 WIB
tes-cpns-2024-diundur-lagi-begini-penjelasan-menteri-panrb
Ilustrasi. Proses rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kemenag tahun 2023 memasuki tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). (Sumber: jabarprov.go.id)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Para calon Aparatur Sipil Negara (ASN) masih harus bersabar dengan penundaan pembukaan CPNS 2024 yang belum terlaksana.

Baru-baru ini, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas mengumumkan, tanggal pelaksanaan seleksi nasional kemungkinan kembali diundur.

Program tahunan pemerintah yang melibatkan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) ini, menurut Azwar, akan diundur hingga bulan ini, yaitu Juli atau Agustus 2024.

"Juli-Agustus, ya," ujar Azwar di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (1/7/2024).

Penundaan ini terjadi karena banyak kementerian/lembaga belum mengusulkan formasi untuk memenuhi kuota yang disediakan Kementerian PANRB.

Kementerian PANRB menyediakan 200 ribu formasi CPNS, namun hingga kini formasi yang diusulkan kementerian/lembaga baru mencapai 130.341.

"Terkait dengan CPNS ini, kaitannya dengan pengusulan dari kementerian/lembaga," jelas Azwar dikutip dari Tribun News.

Contoh kementerian/lembaga pusat itu mendapatkan kuota fresh graduate 200.000 lebih, tetapi sampai sekarang, finalnya kementerian/lembaga yang mengusulkan tidak sampai 200.000, yaitu totalnya baru 130.341 yang mengusulkan.

"Inilah yang menyebabkan kita menunggu karena formasi yang kita berikan tidak diusulkan kementerian/lembaga maupun pemerintah daerah," imbuhnya. 

Baca Juga: Syarat Rekrutmen CPNS 2024 SMA/SMK, dan S1, Siap-Siap Pendaftaran Dibuka Sebentar Lagi



Sumber : Kompas TV, Tribun News



BERITA LAINNYA



Close Ads x