Kompas TV nasional politik

Waketum PKB Sebut Anies Baswedan Punya Elektabilitas di Jakarta, Bagaimana dengan Ridwan Kamil?

Kompas.tv - 3 Juli 2024, 21:43 WIB
waketum-pkb-sebut-anies-baswedan-punya-elektabilitas-di-jakarta-bagaimana-dengan-ridwan-kamil
Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid, mengungkapkan hasil rapat Pleno PKB yang digelar, Jumat (1/9/2023) pagi. (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid menyebut hanya eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang memiiki elektabilitas untuk maju di Pemiliha Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

Jazilul menyampaikan hal itu di DPP PAN, Jakarta Selatan, Rabu (3/7/2024). Ia membandingkan elektabilitas mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan Anies jika mereka berhadapan di Pilkada Jakarta.

"Bagi PKB, cuma Pak Anies yang punya elektoral untuk maju di DKI, kecuali mungkin dua tiga hari ada tokoh yang baru,” ucapnya, dikutip Kompas.com.

“Enggak masuk Pak Ridwan ke Jakarta, enggak ada namanya di Jakarta, Ridwan Kamil enggak ada nama di Jakarta," kata dia menegaskan.

Baca Juga: Sebut Andika Tidak Pas Jadi Cawagub Anies, Wasekjen PDIP: Bisa Maju Cagub di Pilkada Jawa Tengah

Dalam kesempatan itu, Jazilul juga menanaggapi masuknya nama mantan Panglima TNI Andika Perkasa dalam radar PKB untuk Pilkada Jakarta.

Namun, menurutnya, pengusungan Andika baru sebatas wacana, sebab saat ini dinamika politik masih sangat cair, sehingga membuka peluang adanya nama-nama baru.

"Iya itu baru rencana, Pak Andika juga belum pernah ngomong kan. Itulah yang menurut saya semuanya masih cair," tegasnya.

Pada Senin (1/7/2024), Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menegaskan partainya hampir pasti Anies di Pilkada Jakarta.

Tetapi, pihaknya baru akan mengumumkan dukungan pada Anies jika sudah ada kepastian pasangan calon wakil gubernur yang mendampingi.

Baca Juga: Ketum PKB Cak Imin soal Duet Anies-Sohibul di Pilkada Jakarta 2024: Itu Versi PKS

Ia menyebut partainya belum berniat jika Anies dipasangkan dengan kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman.

"Ya pasti akan ada musyawarah ya. Tetapi kita belum memiliki niat memasangkan (Anies) dengan Sohibul Iman," kata Cak Imin, Senin (1/7/2024).



Sumber : kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x