Kompas TV nasional politik

Wasekjen Utut Sebut Pertimbangan PDIP Usung Kaesang di Pilkada akan Diputuskan di Rapat DPP

Kompas.tv - 3 Juli 2024, 17:58 WIB
wasekjen-utut-sebut-pertimbangan-pdip-usung-kaesang-di-pilkada-akan-diputuskan-di-rapat-dpp
Ketua Fraksi PDIP DPR RI Utut Adianto (Sumber: KOMPAS.com/Sabrina Asril)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pertimbangan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk mengusung Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep di pilkada akan diputuskan melalui rapat DPP.

Penjelasan itu disampaikan Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PDIP Utut Adianto menanggapi pernyataan Ketua DPP PDIP Puan Maharani yang menyebut mempertimbangkan Kaesang.

"Jadi kalau Mas Kaesang tadi Mbak Puan (Puan Maharani) bilang dipertimbangkan, tentu semua dipertimbangkan, tapi yang diputuskan siapa itu nanti (diusung) melalui rapat di DPP," kata Utut di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/7/2024).

Baca Juga: Gerindra Tunggu Sinyal Kaesang Siap Maju Pilgub Jateng, Yakin Dukung Karena Hal ini

 Mengenai hasil survei yang menyebut elektabilitas Kaesang untuk maju di Pilkada Jawa Tengah lebih tinggi daripada Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul, ia menyebut Ketua Komisi III DPR itu menyatakan tidak akan maju pada Pilkada Jateng 2024.

Menurut Utut, Bambang Pacul tersebut menyampaikan hal itu kepadanya beberapa kali sehingga menunjukkan bentuk keseriusan.

"Kalau Mas Pacul yang saya tahu, beliau bilang ke saya berkali-kali, lebih dari tiga kali, tidak ingin maju pilkada,” jelasnya, dikutip Antara.

"Dia mengatakan `Saya bersikap kesatria, kalau mengambil itu (maju pilkada) bukan jalan hidup saya’. Tentu saya menghormati senior saya, beliau adalah guru dan mentor saya di politik dan saya yakin yang disampaikan bukan basa-basi," ungkapnya.

Meski demikian, secara pribadi dirinya lebih memilih mendorong mantan Panglima TNI Jenderal Purn.

Andika Perkasa untuk maju pada Pilkada Jateng 2024.

"Kalau orang kayak saya karena di sebelah sana Pak Kapolda sudah maju tentunya Pak Luthfi, ya. Nah, kalau Pak Andika mau maju paling enggak memberi rasa aman di antara para kader se-Jawa Tengah," ujar dia.

Sebelumnya, Selasa (2/7), Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani mengatakan, partai-nya mempertimbangkan Kaesang Pangarep, yang juga putra Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), pada Pilkada Jawa Tengah (Jateng) 2024.

Baca Juga: Pilkada Jateng, Puan Bilang Akan Pertimbangkan Kaesang

"Iya dong, (Kaesang) jadi salah satu pertimbangan juga," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x