Kompas TV nasional rumah pemilu

Jokowi Bantah Cawe-Cawe di Pilkada: Saya Tidak Pernah Sodorkan Kaesang kepada Siapa pun

Kompas.tv - 3 Juli 2024, 12:33 WIB
jokowi-bantah-cawe-cawe-di-pilkada-saya-tidak-pernah-sodorkan-kaesang-kepada-siapa-pun
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbicara kepada media usai meresmikan ekosistem baterai dan kendaraan listrik Korea Selatan di Karawang, Jawa Barat, Rabu (3/7/2024). (Sumber: ANTARA/Aria Cindyara)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membantah telah menyodorkan nama anak bungsunya, Kaesang Pangarep, kepada partai-partai politik untuk diusung di Pilkada 2024.

"Saya tidak pernah menyodorkan kepada siapa pun, kepada partai juga tidak pernah," kata Jokowi usai meresmikan pabrik baterai kendaraan listrik PT Hyundai LG Industri di Karawang, Jawa Barat, Rabu (3/7/2024).

Dia pun mempersilakan jika ada pihak yang meragukan hal itu untuk bertanya langsung kepada partai-partai politik.

"Tanyakan ke partai-partai," ujar Jokowi. 

Menurut dia, urusan pemilihan kepada daerah adalah kewenangan partai politik. Dalam konteks tersebut, Jokowi mengatakan dirinya bukanlah ketua umum partai politik.

"Urusan pilkada itu urusannya partai politik. Urusan mencalonkan itu juga urusan partai politik," tegas mantan gubernur DKI Jakarta itu.

"Saya bukan pemilik partai, jadi jangan ditanyakan kepada saya."

Baca Juga: KPK Akan Kembalikan Barang Pribadi Hasto Kristiyanto yang Disita, Ini Syaratnya

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Aboe Bakar Al Habsyi mengatakan Presiden Jokowi telah menyodorkan nama Kaesang ke partai-partai politik untuk Pilkada Jakarta 2024.

“Sudah-sudah, sudah menyodorkan (Kaesang ke beberapa partai). Sudah menyodorkan, kita lihat saja,” kata Aboe Bakar di Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2024).

Ketika ditanya soal isu Jokowi cawe-cawe di Pilkada 2024, dia mengatakan hal tersebut sudah biasa dilakukan.

"Kan sudah biasa cawe-cawe, mulai dari (pemilihan) presiden sampe nanti, biasa, jadi nggak ada masalah biar aja," ujar Aboe Bakar.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x