Kompas TV nasional hukum

Polda Jabar Beber Hasil Psikologi Forensik Pegi: Miliki Kecenderungan Berbohong dan Manipulatif

Kompas.tv - 2 Juli 2024, 13:54 WIB
polda-jabar-beber-hasil-psikologi-forensik-pegi-miliki-kecenderungan-berbohong-dan-manipulatif
Pegi Setiawan (PS) tersangka pembunuhan Vina di Cirebon, dihadirkan Polda Jawa Barat dalam konferensi pers, Minggu (26/5/2024). Polda Jawa Barat (Jabar) mengungkapkan Pegi Setiawan, tersangka pembunuhan Vina dan Eky, memiliki kecendurungan sikap berbohong dan manipulatif.  (Sumber: Tangkapan Layar YouTube KompasTV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

BANDUNG, KOMPAS.TV - Polda Jawa Barat (Jabar) mengungkapkan Pegi Setiawan, tersangka pembunuhan Vina dan Eky, memiliki kecendurungan sikap berbohong dan manipulatif.

Hal tersebut disampaikan tim Kuasa Hukum Polda Jabar berdasarkan hasil pemeriksaan psikologi forensik Pegi Setiawan.

"Bahwa dalam diri Pegi Setiawan ada sikap kecenderungan sikap berbohong atau menutupi yang sebenarnya dan manipulatif," kata salah satu kuasa hukum Polda Jabar dalam sidang praperadilan Pegi Setiawan, Selasa (2/7/2024).

"Karena ditemukan beberapa cerita berbeda antara Pegi Setiawan dan ayah kandungnya, pada saat ditanyakan peristiwa yang sama di antara keduanya."

Tim Hukum Polda Jabar menguraikan, saat Pegi Setiawan ditanya secara langsung mengenai peristiwa tersebut, yang bersangkutan menjawab tidak tahu.

Akan tetapi jika dilakukan pemeriksaan secara kolateral yaitu dengan data-data yang secara tidak langsung dihubungkan dengan data-data yang lain seperti pada saat dilakukan tes dengan alat kuarsal ada perubahan reaksi emosi.

Tepatnya, lanjut ia, di saat Polda Jabar memperlihatkan secara tiba-tiba dan cepat memperlihatkan  foto koran yakni Eky dan Vina.

"Sempat terjadi perubahan emosi pada saat melihat foto tersebut, sehingga tergambar adanya indikasi bahwa saudara Pegi Setiawan mengetahui peristiwa tersebut di atas," jelasnya.

Meski demikian, untuk lebih mengetahui secara mendalam, ia menyebut perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan.

Baca Juga: Sidang Praperadilan, Polda Jabar Tolak Seluruh Dalil Gugatan Pegi Setiawan

Lebih lanjut, Tim Hukum Polda Jabar mengungkap fakta lain dalam proses pemeriksaan psikologi terhadap Pegi Setiawan.

Di mana pada pemeriksaan pertama, Pegi Setiawan mengaku tidak mengenal Sudirman, salah satu terpidana kasus pembunuhan Vina dan Eky.

"Akan tetapi, pada saat pemeriksaan kedua, saudara Pegi Setiawan mengaku mengenal saudara Sudirman karena teman sekolahnya," ungkapnya.

"Bahwa saudara Pegi Setiawan memiliki karakter manipulatif dan saudara Pegi Setiawan dapat dimintai pertanggungjawaban atas perbuatan yang dilakukannya."

Tim kuasa hukum Polda Jabar juga mengungkapkan terdapat riwayat tingkahlaku pelanggaran hukum sejak remaja oleh Pegi Setiawan.

"Keterlibatan Pegi dalam lingkungan pergaulan negatif saat memasuki usia remaja, yang ditandai dengan penggunaan alkohol dan penyalahgunaan obat-obatan," tegasnya.

Baca Juga: Dedi Mulyadi Hadir di Sidang Praperadilan Pegi Setiawan


 

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x