Kompas TV nasional politik

Gerindra Jelaskan Penyebab Prabowo Operasi Kaki Kiri: Cedera Saat Terjun Payung di Timor Timur

Kompas.tv - 1 Juli 2024, 15:49 WIB
gerindra-jelaskan-penyebab-prabowo-operasi-kaki-kiri-cedera-saat-terjun-payung-di-timor-timur
Wakil Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Habiburokhman dalam dialog Kompas Petang, Kompas TV, Rabu (13/3/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Habiburokhman menjelaskan penyebab Prabowo Subianto harus melakukan operasi kaki kiri.

Menurut Habiburokhman, presiden terpilih 2024-2029 tersebut mengalami kecelakaan ketika terjun payung di Timor Timur pada tahun 80-an silam.

Dampak dari kecelakaan tersebut, kata Habiburokhman baru muncul puluhan tahun kemudian, sehingga Prabowo harus menjalani operasi cedera kaki kiri di Rumah Sakit Pusat Pertahanan Nasional Panglima Besar Soedirman, Jakarta Selatan.

"Bukan sakit. Jadi memang beliau ada cedera, puluhan tahun yang lalu, tahun 80-an ketika terjun payung kemungkinan di Timor Timur, cedera,” ucapnya di Gedung DPR RI, Senayanm Jakarta, Senin (1/7/2024), dikutip Kompas.com.

Baca Juga: Momen Jokowi Jenguk Prabowo di RS: Alhamdulillah Operasinya Lancar, Mari Doakan Proses Pemulihannya

“Cedera seperti itu memang katanya, enggak bisa tuntas begitu saja. Beberapa puluh tahun kemudian katanya bisa timbul akibat," ujarnya.

Ia menambahkan, prajurit TNI lain juga mengalami cedera serupa, dan akibat dari kecelakaan itu baru muncul ketika sudah tua.

"Ini yang terjadi pada Prabowo dan banyak sekali prajurit-prajurit kita yang telah bertugas di Timor Timor, di Papua, di medan yang sulit,” ujarnya.

“Baru muncul lagi akibat karena kecelakaan tersebut berpuluh-puluh tahun di hari tuanya," tuturnya.

Saat ini, kata dia, kondisi Prabowo sudah membaik. Sebelumnya, Prabowo memberi kabar kepada publik bahwa dirinya telah sukses menjalani operasi besar, yakni operasi untuk cedera kaki kirinya.

Ia menjalani operasi itu di RSPPN Panglima Besar Soedirman, Bintaro, Jakarta Selatan, sekitar satu minggu yang lalu.


Tim dokter yang menangani operasi Prabowo ialah Brigjen TNI Purn dr Robert Hutauruk, Kolonel dr Sunaryo, dr Siska Widayati, dan dr Thomas.

Baca Juga: Sekjen Gerindra: Ada Kejutan dari Pak Prabowo untuk Pilkada DKI Jakarta

Prabowo menyebut  tim dokter dan tenaga medis dari RSPPN Panglima Besar Soedirman berhasil melaksanakan operasi cedera kaki terhadap dirinya dengan baik, dan ia sudah siap kembali beraktivitas usai kaki kirinya dioperasi.

"Saya ucapkan syukur alhamdulillah kepada Allah SWT atas keberhasilan tindakan operasi besar yang dilakukan kepada saya," ujar Prabowo dalam keterangannya, Minggu (30/6/2024) malam.



Sumber : kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x