Kompas TV nasional rumah pemilu

PDIP Tetap Pertimbangkan Anies meski Sudah Dideklarasikan PKS Berpasangan dengan Sohibul Iman

Kompas.tv - 1 Juli 2024, 15:18 WIB
pdip-tetap-pertimbangkan-anies-meski-sudah-dideklarasikan-pks-berpasangan-dengan-sohibul-iman
Kolase foto Anies Baswedan dan logo Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP. Anies masuk dalam bursa bakal calon gubernur DKI Jakarta dari PDIP. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tetap mempertimbangkan Anies Baswedan untuk diusung dalam Pilkada Jakarta 2024 meski sudah dideklarasikan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berpasangan dengan Sohibul Iman.

Hal itu disampaikan Ketua DPP PDIP Said Abdullah di gedung DPR RI, Jakarta, Senin (1/7/2024).

“Sebagaimana disampaikan oleh Sekjen kami, Pak Hasto Kristiyanto, bahwa Anies juga jadi bagian dari pertimbangan, kami juga bertemu dengan Cak Imin (Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar) dalam rangka itu semua,” ucap Said.

Baca Juga: Ahmad Syaikhu Ajukan Syarat ke Anies: Jika Ingin Bersama PKS, Bawa Sohibul Iman

“Namun ini masih proses-proses awal yang belum masuk rapat DPP dan belum dilaporkan kepada ibu ketua umum (Megawati Soekarnoputri).”

Ia mengatakan saat ini PDIP masih melakukan pembicaraan dengan PKB dan partai-partai lain terkait Pilkada Jakarta 2024.

“PDI Perjuangan, Partai Kebangkitan Bangsa dan partai lain bahkan, kami masih terus-menerus melakukan pembicaraan, karena memang semakin banyak teman, semakin baik. Karena Jakarta itu tingkat kebhinekaannya juga tinggi maka lebih baik banyak bekerja sama dengan partai politik,” kata Said.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Dewan Pimpinan Tingkat Pusat PKS telah memutuskan mengusung Anies sebagai bakal calon gubernur Jakarta dan Sohihul sebagai bakal calon wakil gubernur pada Pilkada 2024.

Baca Juga: PKS Ajukan Anies-Sohibul di Pilkada Jakarta, PDIP: Prioritas Kami Dorong Kader Partai

“Maka Dewan Pimpinan Tingkat Pusar (DPTP) PKS pada rapatnya di hari Kamis, 20 Juni 2024 telah memutuskan mengusung Bapak Anies Rasyid Baswedan sebagai bakal calon gubernur Jakarta dan Mohamad Sohihul Iman sebagai bakal calon wakil gubernur DKI Jakarta tahun 2024,” kata Syaikhu di Jakarta, Selasa (25/6/2024).

Pada Sabtu (29/6/2024), Syaikhu menegaskan, jika Anies ingin tetap bersama PKS pada Pilkada Jakarta 2024, ia harus menggandeng Sohibul sebagai bakal calon wakil gubernur.

“Kemarin ada framing di media, katanya Pak Syaikhu mempersilakan Pak Anies memilih wakilnya, saya bilang itu terserah Pak Anies pasti punya banyak pilihan, mau ambil siapa,” ucapnya dalam pelantikan Satgas Jawa Barat Putih Kabupaten Karawang, Sabtu, sebagaimana dilansir website PKS.

“Tapi saya tegaskan, jika ingin bersama PKS, harus membawa Mohamad Sohibul Iman,” tambahnya.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x