Kompas TV nasional politik

PKB Ingatkan PKS Jangan Baypass, Koalisi Pendukung Anies di Pilkada Jakarta Masih Kecil

Kompas.tv - 28 Juni 2024, 21:58 WIB
pkb-ingatkan-pks-jangan-baypass-koalisi-pendukung-anies-di-pilkada-jakarta-masih-kecil
Wakil Ketua Umum (Waketum) PKB Jazilul Fawaid menyebut finalisasi tawaran kerja sama dari NasDem akan dilakukan di rapat sore nanti, Jumat (1/9/2023) di Surbaya. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - DPP PKB mengingatkan PKS bahwa koalisi partai yang mendukung Anies Baswedan di Pilkada DKI Jakarta masih kecil.

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menjelaskan pihaknya menghargai keputusan PKS mendeklarasikan pasangan Anies-Sohibul. 

Namun PKB mendorong ke depan warga DKI Jakarta bisa mendapatkan pemimpin yang mempersatukan, pemimpin yang beragam.

Hal itu jugalah yang membuat PKB hanya mendeklarasikan Anies sebagai bakal Cagub. 

Untuk wakilnya perlu melihat dinamika yang ada di DKI Jakarta, sebab tidak satu pun partai yang bisa mengusung Cagub dan Cawagub sendiri.

Baca Juga: PKS Usung Anies-Sohibul di Pilkada Jakarta, PKB: Blunder, Menutup Pintu untuk Partai Lain Bermitra

Perlu ada komunikasi dan kerja sama untuk bisa mengusung Cagub dan Cawagub untuk Pilkada Jakarta. 

"Justru itu kita proses dengan melihat dinamika yang ada di DKI ataupun dinamika politik nasional karena Pilkada DKI pasti berimbas dan dipengaruhi oleh konstelasi politik nasional," ujar Jazilul di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (28/6/2024).

Lebih lanjut Jazilul berharap ke depan ada partai lain yang ikut bersama-sama dengan PKB dan PKS mengusung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta. 

Menurutnya meski komposisi kursi PKB dan PKS di DPRD DKI Jakarta sudah memenuhi syarat untuk mendaftarkan Anies sebagai Cagub, namun perlu ada partai lain sebab koalisi PKB dan PKS masih kecil. 

Setelah ada partai lain yang bergabung, tentu diskusi dan dialog mengenai siapa tokoh yang akan mendampingi Anies akan dibahas lebih mendalam, tanpa melupakan Sohibul Iman yang sudah dideklarasikan PKS sebagai Cawgub Anies. 

Baca Juga: Respons PKB soal Duet Anies-Sohibul Iman di Pilkada: Jakarta Butuh Pemimpin yang Plural

"PKB berharap semua dibahas bersama sama. Kita tidak mem-bypass satu dengan yang lain. Kita berharap koalisi lebih besar karena PKB dengan PKS masih kecil," ujar Jazilul 

"Yang diperlukan oleh Jakarta adalah kepemimpinan yang mempersatukan, kepemimpinan yang beragam. Selama ini kan, Pak Anies sudah identik dengan PKS," imbuhnya. 


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x