Kompas TV nasional politik

Bukan di IKN, Prabowo-Gibran Ternyata Tetap akan Dilantik di Jakarta

Kompas.tv - 28 Juni 2024, 19:55 WIB
bukan-di-ikn-prabowo-gibran-ternyata-tetap-akan-dilantik-di-jakarta
Pedagang menjajakan foto presiden dan wakil presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (23/4/2024). Prabowo-Gibran urung dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih RI di IKN namun tetap di Jakarta. (Sumber: KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani menjelaskan, proses pelantikan Presiden-Wakil Presiden Terpilih RI Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka tetap dilaksanakan di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta.

"Pokoknya pelantikan di Senayan," kata Muzani di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (28/6/2024).

Namun, nantinya Prabowo bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada 17 Agustus 2024.

Baca Juga: Prabowo Bakal Upacara HUT ke-79 RI di IKN Bareng Jokowi

"Insyaallah Pak Prabowo (upacara 17 Agustus) ke IKN," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut, rencananya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih akan dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara atau IKN. 

Selain pelantikan Presiden dan Wakil Presiden yang baru, menurut Basuki Hadimuljono, upacara peringatan HUT ke-79 RI juga akan digelar di IKN.

Baca Juga: Anies Ingin Bersilaturahmi dengan Pimpinan Parpol, Demokrat: Itu Sifatnya Prabowo

"17 Agustus upacaranya, rencananya di sana (IKN), pelantikan presiden insyaallah juga di sana (IKN). Rencananya begitu. Pelantikan presiden rencana di sana," kata Basuki di gedung DPR, Jakarta, Selasa (2/4).


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x