Kompas TV nasional rumah pemilu

Saat Grace Natalie Bantah Kabar Jokowi Tawarkan Kaesang ke Partai-Partai untuk Pilkada Serentak

Kompas.tv - 28 Juni 2024, 23:00 WIB
saat-grace-natalie-bantah-kabar-jokowi-tawarkan-kaesang-ke-partai-partai-untuk-pilkada-serentak
Foto arsip. Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep dan Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie, 2 Oktober 2023. Grace yang juga Staf Khusus Presiden membantah kabar Jokowi telah menawarkan Kaesang ke partai-partai untuk Pilkada Serentak 2024. (Sumber: Kompas/Tatang Guritno)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Staf Khusus Presiden Grace Natalie membantah kabar kalau Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyodorkan nama putra bungsunya, Kaesang Pangarep untuk dipinang partai politik (parpol) dalam Pilkada Serentak 2024. 

"Tidak benar itu pak Presiden menyodorkan nama Kaesang ke partai-partai. Pak Presiden tidak ikut campur terkait Pilkada dimanapun, persoalan Pilkada adalah ranah partai," kata Grace kepada wartawan, Jumat (28/6/2024).

Menurut dia, Presiden Jokowi fokus mengerjakan tugas-tugasnya sebagai kepala negara, bukan malah cawe-cawe pada pesta demokrasi yang berlangsung pada 27 November mendatang.

Baca Juga: Kaesang: Pernyataan Sekjen PKS soal Presiden Sodorkan Nama untuk Pilkada Jakarta Kebohongan Publik

"Urusan pencalonan Pilkada, bicara soal popularitas dan jumlah kursi masing-masing partai. Kuncinya disitu. Diskusinya disitu, bukan di Presiden," papar Grace yang juga Wakil Ketua Dewan Pembina PSI itu.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dinilai ikut turun tangan untuk menyukseskan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep di Pilkada Jakarta 2024. 

Penilaian tersebut dilontarkan Sekjen PKS, Habib Aboe Bakar Alhabsyi. Bahkan, Aboe Bakar menilai Jokowi sudah menyodorkan Kaesang ke beberapa partai.

Menurut Aboe Bakar, cawe-cawe Jokowi sudah berlangsung sejak Pilpres, dan akan dilanjutkan pada Pilkada Jakarta.  

"Kan sudah biasa cawe-cawe, mulai dari presiden sampe nanti, biasa. Jadi, enggak ada masalah biar aja," ujar Aboe Bakar di Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Kamis (27/6).

Aboe Bakar menilai, jika melihat dari peta koalisi, ada kemungkinan Kaesang dipasangkan dengan Ridwan Kamil. 

Sejauh ini, Partai Golkar belum memutuskan apakah Ridwan Kamil maju di Pilkada Jakarta atau di Pilkada Jawa Barat. 

Baca Juga: PKS Sebut Jokowi Tawarkan Kaesang ke Parpol Jadi Cawagub Jakarta

Menurutnya peta politik jelang Pilkada DKI Jakarta masih sangat dinamis, sehingga nama-nama yang muncul akan terus berkembang. 

"Sudah-sudah, sudah menyodorkan. Kita lihat saja," ujar Aboe Bakar.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x