Kompas TV nasional peristiwa

5 Layanan Pemerintah Normal Kembali, Menkominfo: Pemulihan PDNS Diharap Tuntas Pertengahan Agustus

Kompas.tv - 28 Juni 2024, 20:00 WIB
5-layanan-pemerintah-normal-kembali-menkominfo-pemulihan-pdns-diharap-tuntas-pertengahan-agustus
Ilustrasi data center. Sepekan serangan siber ke PDN terjadi, Menkominfo Budi Arie Setiadi menargetkan pertengahan Agustus 2024, semua layanan instansi terdampak serangan PDNS bisa pulih. (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)
Penulis : Gading Persada | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pemerintah terus berupaya memulihkan kembali berbagai layanan di sejumlah kementerian, instansi dan pemerintah daerah yang mengalami serangan ransomware terhadap Pusat Data Nasional Sementara (PDNS).

Diharapkan pulih tuntas secara keseluruhan pada pertengahan Agustus mendatang, setidaknya saat ini sudah ada lima layanan pemerintah yang sudah mulai normal kembali.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melaporkan, hingga Kamis (27/6/2024), layanan perizinan event milik Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, layanan keimigrasian milik Kementerian Hukum dan HAM, layanan sikap Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), layanan Sihalal milik Kementerian Agama, dan ASN digital milik Kota Kediri mulai kembali normal.

Baca Juga: Pusat Data Nasional Bobol, Menkominfo Sebut PDN Ditargetkan Pulih pada Agustus 2024

Melansir Kompas.id, Jumat (28/6), jumlah itu cenderung sedikit dibandingkan dengan keseluruhan instansi yang terdampak. Seperti diketahui, serangan ransomware Lockbit 3.0 ke Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 Surabaya berdampak pada 239 instansi pemerintah dari tingkat pusat hingga daerah.

Hanya 43 instansi yang tidak terdampak karena data utama tersimpan di PDNS 1 Tangerang Selatan dan PDNS 3 Batam. Data yang bisa dipulihkan hanya 2 persen dari keseluruhan.

Dalam penjelasannya, mulai kembali normalnya layanan di 5 instansi tersebut lantaran terdapat cadangan (backup) data yang tersimpan secara terpisah. Meski begitu, nasib baik itu tak dialami banyak kementerian lainnya.

Sepekan serangan siber ke PDN terjadi, Menkominfo Budi Arie Setiadi menargetkan pertengahan Agustus 2024, semua layanan instansi terdampak serangan PDNS bisa pulih.

Menurut dia, analisis dampak serangan siber menunjukkan hasil critical dan major. Ini menciptakan gangguan total serta hilangnya data dan akses. Dampak dari serangan ini paling dirasakan oleh tenant atau lembaga pengguna PDN.

Baca Juga: Imbas Peretasan PDNS, Jokowi Panggil Menkominfo, Kepala BSSN, Menkeu, Menpan RB hingga Menkumham

Full recovery layanan PDNS 2, termasuk tindak lanjut rekomendasi hasil forensik, diharapkan pertengahan Agustus 2024 sudah bisa dituntaskan,” kata Budi Arie saat rapat bersama Komisi I DPR, Kamis (27/6).

Strategi pemulihan jangka pendek, lanjutnya, dilakukan dari 20 Juni sampai 20 Juli 2024. Pemerintah akan menginventarisasi tenant terdampak, memetakan aset, hingga menyusun strategi dan pedoman pemulihan layanan. Saat ini, pemerintah juga mewajibkan setiap kementerian/lembaga untuk menyimpan data cadangan masing-masing.


 



Sumber : Kompas.id



BERITA LAINNYA



Close Ads x