Kompas TV nasional rumah pemilu

Demokrat: Ridwan Kamil Mudah Menang di Pilkada Jawa Barat, Kans Terpilih di Jakarta Juga Tinggi

Kompas.tv - 27 Juni 2024, 17:15 WIB
demokrat-ridwan-kamil-mudah-menang-di-pilkada-jawa-barat-kans-terpilih-di-jakarta-juga-tinggi
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat berada di Sleman, D.I Yogyakarta, Rabu (4/7/2023). (Sumber: KompasTV/Michael Aryawan)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ketua DPP Partai Demokrat Herman Khaeron berpendapat Ridwan Kamil (RK) bisa menang mudah jika bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat. Kans Ridwan untuk menang dalam Pilkada Jakarta juga dinilai tinggi.

Herman menyampaikan hal itu kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (27/6/2024), menanggapi peluang Ridwan maju di Pilkada Jawa Barat atau Jakarta.

"Kalau memperhitungkan kemudahan untuk menang, ya Mas Emil (Ridwan Kamil maju) di Jawa Barat," kata Herman, dikutip Tribunnews.com.

Meski demikian, ia menilai kans mantan gubernur Jawa Barat itu menang di Pilkada Jakarta pun cukup tinggi.

Baca Juga: PKS Resmi Usung Anies Baswedan Lawan Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta?

"Tapi kalau di DKJ (Daerah Khusus Jakarta) juga punya kansnya untuk menang cukup tinggi," tegasnya.

Herman menyebut popularitas dan elektabilitas Ridwan di Jakarta cukup tinggi. Selain itu, pengalaman memimpin Jawa Barat bisa dijadikan modal untuk maju di Pilkada Jakarta.

"Pertimbangannya pertama, dari sisi popularitas kang RK termasuk populer, dari sisi elektabilitas juga cukup tinggi," tegasnya.

"Kemudian memiliki kapasitas pernah memimpin Jabar yang berpenduduk 30 persen di Indonesia bisa dipimpin dengan baik, bisa menghasilkan karya-karya yang monumentalnya di Jabar. Artinya punya karya-karya yang baik," Herman menambahkan.

Baca Juga: Jawaban Idrus Marham soal Ridwan Kamil Maju Pilkada Jakarta atau Jabar

Oleh sebab itu, lanjut Herman, nama Ridwan Kamil menjadi kandidat utama untuk diusung di Pilkada Jawa Barat atau Jakarta oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) di mana Demokrat menjadi salah satu anggotanya.

"Masih dalam pembicaraan tapi tokoh yang saat ini memiliki kans dan ini bisa nanti menjadi kandidat di DKJ itu adalah Ridwan Kamil," tuturnya.


 



Sumber : Tribunnews.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x