Kompas TV nasional peristiwa

Logo HUT ke-79 RI Diluncurkan, Punya Makna dan Filosofi Nusantara Baru Indonesia Maju

Kompas.tv - 25 Juni 2024, 07:35 WIB
logo-hut-ke-79-ri-diluncurkan-punya-makna-dan-filosofi-nusantara-baru-indonesia-maju
Logo HUT ke-79 RI dengan tema Nusantara. (Sumber: Kemensetneg)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah telah meresmikan tema dan logo untuk peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) sekaligus Ketua Pelaksana Peringatan HUT ke-79 RI Heru Budi Hartono mengungkapkan makna di balik tema dan desain logo tersebut, Senin (24/6/2024).

Tema yang dipilih untuk HUT ke-79 RI adalah "Nusantara Baru Indonesia Maju". Heru menjelaskan bahwa tema ini mencerminkan proses transisi yang sedang dialami Indonesia, bukan hanya terkait pemindahan ibu kota negara, tetapi juga transisi kepemimpinan bangsa dan negara.

"Tema ini dipilih untuk menggambarkan transisi, bukan hanya transisi kepindahan ibu kota negara, tapi juga transisi yang berikutnya kepemimpinan bangsa dan negara kita," ujar Heru dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Menhub Optimis Bandara Nusantara di IKN Bisa Diujicobakan Juli 2024

Logo HUT ke-79 RI dirancang dengan konsep visual yang terdiri dari angka 79, mencakup tujuh konsep utama: negara kepulauan, lambang negara, pertumbuhan ekonomi, keberlanjutan, ekonomi hijau, persatuan dan harapan, serta kesetaraan.

Setiap elemen grafis dalam logo ini memiliki filosofi tersendiri. Ujung angka yang menyerupai paruh Garuda melambangkan Pancasila sebagai dasar kekuatan negara. Bentuk angka tujuh yang mirip panah menunjuk ke kanan atas mencerminkan harapan Indonesia untuk meningkatkan investasi dan ekspor.

Lengkungan yang terhubung merepresentasikan prinsip pembangunan yang berkelanjutan. Angka sembilan, dengan detil dahan dan daunnya, menandakan komitmen terhadap pembangunan ekonomi hijau serta penghormatan pada budaya.

Sementara itu, angka tujuh dan sembilan yang bergabung membentuk figur dua tangan yang menyatu, simbol dari persatuan masyarakat Indonesia. Desain ini juga menampilkan dua gelombang bergerak searah yang melambangkan desentralisasi dan pemerataan pembangunan.

Keseluruhan elemen grafis terinspirasi dari aliran sungai, yang melambangkan penyatuan kekuatan Indonesia menuju Nusantara Baru Indonesia Maju.

Baca Juga: Plt Otorita IKN Pastikan Presiden Jokowi Berkantor di Ibu Kota Nusantara Akhir Juni 2024

"Bentuk keseluruhan yang meliuk-liuk dan panjang menyerupai ikon sungai terpanjang di Indonesia, tepatnya di Kalimantan, Sungai Kapuas, memiliki makna dan harapan bahwa Indonesia akan menjadi negara yang dinamis," lanjutnya.

Untuk mempromosikan logo baru ini, Heru mengimbau semua entitas pemerintah untuk segera menggunakannya. "Nanti kami bersama Pak Sesmen, Kementerian Pariwisata, Kominfo, jajaran Sekretariat Presiden tentunya memberikan sosialisasi kepada menteri, kementerian/lembaga untuk segera dicetak, dipromosikan, diletakkan umbul-umbul, ditampilkan LED, untuk bisa dimulai kemeriahan HUT ke-79 Republik Indonesia ini," pungkasnya.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x