Kompas TV nasional rumah pemilu

Surya Paloh soal Peluang Usung Anies di Pilkada Jakarta: Saya Pikir Capek Juga Orang Mau Hadapi Dia

Kompas.tv - 24 Juni 2024, 14:14 WIB
surya-paloh-soal-peluang-usung-anies-di-pilkada-jakarta-saya-pikir-capek-juga-orang-mau-hadapi-dia
Ketua Umum (Ketum) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh memberikan keterangan kepada wartawan, Senin (30/10/2023). (Sumber: Tangkapan layar.)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh angkat bicara ihwal peluang partainya mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam Pilkada Jakarta 2024. 

Ia mengakui Anies memiliki elektabilitas yang moncer di antara bakal calon gubernur lainnya. Hal tersebut tergambar dalam sejumlah hasil survei dari beberapa lembaga. 

"Kalau yang saya mendapatkan dari berbagai sumber, ya memang Anies Baswedan yang saat ini, amat sangat mendominasi skor daripada seluruh survei ya. Ranking-nya nomor 1. Saya pikir capek juga orang mau hadapin dia di Jakarta ini," kata Paloh di gedung DPR, Jakarta, Senin (24/6/2024). 

Baca Juga: Tanggapan Sahroni soal PDIP Lirik Anies Baswedan di Pilkada Jakarta

Terkait adanya dukungan kepada kadernya, Ahmad Sahroni, kata Paloh, dirinya akan menanyakan kesiapan Sahroni untuk ikut dalam pesta demokrasi yang berlangsung pada 27 November nanti. 

"Coba cek dulu, Sahroni siap apa nggak. Siap itu lahir batin dan siap lapangan juga. Ikut-ikutan enggak menentu aja, terjungkir aja, untuk apa kita," kata Paloh.

Ia menyebut, salah satu faktor yang dipertimbangkan pihaknya ialah elektabilitas seseorang dalam memenangkan Pilkada Jakarta nanti. 

"Ya kami lihat dulu probability-nya. Nasdem kan tidak mengutamakan selalu masalah pencalonan ini dalam aspek pendekatan semata-mata dari kader. Ya cari apa yang terbaik kan, selalu itu, konsistensinya."

"Dan, di sana ada dua hal yang selalu menjadi preferensi bagi Nasdem untuk menempatkan pilihan akhirnya. Satu, faktor elektabilitas, ya kan. Dua, kapabilitas. Sahroni bisa aja punya kapabilitas, yakin kita itu, anak muda satu itu. Tapi elektabilitasnya, untuk satu medan lapangan di Jakarta," ujarnya.


Sementara dengan munculnya nama Ridwan Kamil yang diusung parpol-parpol pendukung Prabowo Subianto di Koalisi Indonesia Maju (KIM), Paloh pun mempersilakan mantan Gubernur Jawa Barat itu untuk ikut berkontestasi maju Pilgub Jakarta 2024. 

Baca Juga: Berharap Hati Ahmad Sahroni Tergerak Maju Pilkada Jakarta, Ketua DPW NasDem: Kurang Canggih Apa Nih

"Boleh-boleh saja, kan enggak apa-apa. Bagusnya juga kalau memang Pak Ridwan mau kan, biar ada keseimbangan dikit kan," katanya.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x