Kompas TV nasional politik

Luhut Ucapkan Selamat Ultah ke Jokowi: Bapak Seharusnya Masuk Kopassus, Pemimpin Teladan

Kompas.tv - 21 Juni 2024, 09:45 WIB
luhut-ucapkan-selamat-ultah-ke-jokowi-bapak-seharusnya-masuk-kopassus-pemimpin-teladan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berulang tahun yang ke-63 pada hari ini, Jumat (21/6/2024). Ucapan pun berdatangan dari para tokoh, salah satunya Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan. (Sumber: Instagram @luhut.pandjaitan)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo (Jokowi) berulang tahun yang ke-63 pada hari ini, Jumat (21/6/2024). Ucapan pun berdatangan dari para tokoh, salah satunya Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan. 

Di akun Instagram pribadinya, Luhut mengungkapkan kesannya terhadap Jokowi setelah bekerja sebagai anak buah mantan Gubernur DKI Jakarta itu selama bertahun-tahun. 

"Kita beruntung pernah dipimpin Presiden Joko Widodo. Memulai karir sebagai Letnan dua dari Korps Baret Merah, saya banyak mengenal tipe-tipe para komandan terdahulu. Apalagi sebagai seorang perfeksionis, saya punya kriteria sendiri pemimpin seperti apa yang layak diteladani. Bagi saya, Joko Widodo adalah salah satu figur pemimpin teladan itu," tulis Luhut, Jumat (20/6/2024). 

Baca Juga: Prabowo Ucapkan Selamat Ulang Tahun ke Presiden Jokowi

Luhut menyampaikan, ia banyak belajar dari Jokowi terutama saat pandemi Covid melanda. Luhut mengibaratkannya seperti perjalanan panjang di dalam hutan belantara yang gelap tanpa penunjuk arah. 

"Sebagai orang yang pernah diberi tugas khusus oleh beliau, saya bersaksi bahwa penugasan itu adalah pekerjaan tersulit yang pernah saya alami," katanya. 

Luhut berujar, ada pepatah mengatakan bahwa karakter asli seseorang akan muncul ketika ia mendapatkan ujian. 

Baca Juga: Hari Ini Presiden Jokowi Rayakan Ulang Tahun yang ke-63, Berikut Biografi Singkatnya

Ia mengatakan, menyaksikan sendiri bagaimana Jokowi tetap tenang dalam setiap proses pengambilan keputusan di saat pandemi lalu, meskipun banyak masukan dan usulan dari berbagai pihak. 

"Memberikan arahan dengan baik dan cermat dengan satu semangat, kepentingan rakyat banyak harus diutamakan di atas segalanya. Karena itulah, saya pernah katakan kepada beliau "Bapak seharusnya masuk Kopassus"," tutur Luhut. 

Ia pun tidak heran jika Jokowi jadi sosok yang dicintai oleh rakyatnya, sekaligus tak bisa dipengaruhi oleh siapapun. Bahkan oleh para pemimpin dunia, baik negara maju maupun berkembang. 

Baca Juga: Menkeu Sri Mulyani Beri Pesan ke Prabowo Supaya Hati-Hati Jaga APBN, Ini Alasannya

Alih-alih diatur, lanjutnya, mereka malah sangat "respect" dan memuji gaya kepemimpinan Presiden Joko Widodo. 

Karakter seperti inilah yang mutlak perlu diteladani oleh pemimpin Indonesia selanjutnya, dan juga dicontoh oleh generasi muda penerus bangsa di masa depan.

"Selamat ulang tahun ke-63 Presiden @jokowi. Semoga Tuhan YME memberikan anda berkat usia, kesehatan, serta kecintaan yang mendalam kepada tanah air, sehingga bisa terus mengabdikan diri untuk kemajuan bangsa dan negara ini dimanapun dan apapun posisi yang anda ambil nanti," kata Luhut. 

"Terima kasih karena telah memberikan saya kesempatan untuk berkontribusi dalam memberikan legacy berharga untuk perjalanan bangsa ini menuju visi besar Indonesia Emas 2045," tandasnya. 


 



Sumber :



BERITA LAINNYA



Close Ads x