Kompas TV nasional peristiwa

Hari Ini Presiden Jokowi Rayakan Ulang Tahun yang ke-63, Berikut Biografi Singkatnya

Kompas.tv - 21 Juni 2024, 08:58 WIB
hari-ini-presiden-jokowi-rayakan-ulang-tahun-yang-ke-63-berikut-biografi-singkatnya
Presiden Jokowo saat memberikan keterangan soal judi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (12/6/2024). Presiden Joko Widodo meminta masyarakat untuk tidak berjudi. Bahkan Jokowi sampai tiga kali menyebut Jangan Judi. (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden )
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi merayakan ulang tahun yang ke-63 pada Jumat (21/6/2024) hari ini.

Jokowi yang merupakan presiden ketujuh RI itu lahir di Solo atau Surakarta, Jawa Tengah pada 21 Juni 1961.

Saat ini, Jokowi menjabat sebagai Presiden RI di periode keduanya (2019-2024) setelah sebelumnya menjabat di periode pertama dari 2014 hingga 2019. Berikut biografi singkat dari Presiden Jokowi.

Biografi Jokowi

Dilansir dari Kompaspedia, Jokowi lahir di Solo pada 21 Juni 1961 dari pasangan Widjiatno Notomihardjo dan Sudjiatmi. 

Jokowi merupakan anak sulung dan putra satu-satunya dari empat bersaudara dengan ketiga adik perempuannya, yaitu Iit Sriyantini, Ida Yati, dan Titik Relawati.

Setelah menyelesaikan pendidikan tingkat sekolah di Solo, Jokowi melanjutkan kuliah ke Universitas Gadjah Mada di Fakultas Kehutanan dengan jurusan Teknologi Kayu.

Lulus pada 1985, Jokowi muda sempat berkarier di perusahaan BUMN di Aceh, PT Kertas Kraft Aceh. Tak lama, ia kemudian kembali ke Solo bekerja di pabrik milik kakak dari ibunya, Miyono, di bawah bendera CV Roda Jati.

Jokowi menikah dengan Iriana pada 24 Desember 1986, dan dikaruniai dua anak laki-laki dan satu anak perempuan, yaitu Gibran Rakabuming Raka (1987), Kahiyang Ayu (1991), dan Kaesang Pangarep (1994).

Pada 1988, Jokowi lantas mendirikan bisnis mebelnya sendiri yang diberi nama CV. Rakabu. Bisnis mebelnya pun berjalan lancar dan berhasil merambah pasar mancanegara.

Baca Juga: Tingkat Kepuasan Publik Terhadap Jokowi di Angka 76 Persen, Pengamat: Efek Bansos dan Infrastruktur

Sukses menjadi pengusaha, Jokowi terjun ke politik dan menyatakan maju dalam bursa pemilihan Wali Kota Surakarta 2005. 

Jokowi diusung oleh PDI-P dan PKB sebagai calon Wali Kota Surakarta bersama FX Hadi Rudyatmo – Ketua DPC PDI-P Surakarta – sebagai wakilnya. Pasangan ini berhasil terpilih sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo periode 2005–2010.

Berhasil membangun Kota Solo, Jokowi kemudian menuju ibukota dalam Pilkada DKI Jakarta 2012 sebagai calon gubernur berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dari Gerindra sebagai wakil gubernur.

Pasangan Jokowi-Ahok resmi terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2012–2017 setelah mampu mengalahkan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli.

Karier politik Jokowi mencapai puncaknya saat memenangkan Pilpres 2014. Jokowi yang maju sebagai capres berpasangan dengan Jusuf Kalla mampu mengungguli pasangan Prabowo-Hatta Rajasa.

Jokowi-JK pun terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden Ri 2014-2019. 

Di 2019, Jokowi giliran berpasangan dengan KH Ma’ruf Amin dan kembali mampu memenangkan Pilpres mengalahkan Prabowo-Sandiaga Uno.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x