Kompas TV nasional peristiwa

Anies soal Kucing-Kucing Dimasukkan ke Plastik di GBK: Itu Jauh dari Nilai Beradab

Kompas.tv - 19 Juni 2024, 19:35 WIB
anies-soal-kucing-kucing-dimasukkan-ke-plastik-di-gbk-itu-jauh-dari-nilai-beradab
Calon Presiden Pilpres 2024, Anies Baswedan saat ditemui di kediamannya di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (7/5/2024). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut tindakan memasukkan kucing ke dalam kantong plastik sangat tidak beradab dan jauh dari nilai-nilai kemanusiaan.

Demikian Anies Baswedan mengatakan hal tersebut merespons tindakan petugas pengendali hama yang memasukkan kucing-kucing di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, ke dalam plastik.

“Gini loh begini, kucing adalah juga makhluk hidup yang memiliki hak untuk bisa hidup dengan baik, dan kita punya tanggung jawab di Jakarta ini menjamin semua makhluk hidup bisa hidup dengan layak,” ucap Anies dikutip dari laporan jurnalis Kompas TV, Malaikha, Rabu (19/6/2024).

Baca Juga: Mendagri soal Pj Kepala Daerah Maju Pilkada: Saya Tidak Larang, Sepanjang Hak Tak Dicabut Pengadilan

Anies mengatakan, janganlah memandang kucing sebagai hama karena bintang tersebut juga ciptaan Tuhan.

“Jadi, jangan memandang kucing ini sebagai hama, kucing ini adalah binatang ciptaan Tuhan dan kita manusia pasti punya tanggung jawab untuk mengelola ini semua, termasuk memelihara kucing-kucing itu dengan baik," ujar Anies.

"Jadi, jangan pernah melakukan tindakan seperti itu, itu sama sekali jauh dari nilai beradab, itu jauh dari nilai-nilai prinsip dasar kita bicara tentang manusia yang memiliki sifat cinta kasih.”

Anies lebih lanjut menyarankan pihak pengelola GBK untuk bekerja sama dengan komunitas pecinta binatang guna mencari solusi yang tepat. Sebab, menurut Anies, komunitas pencinta kucing pasti memiliki pengalaman dalam mengelolanya.

“Karena mereka memiliki pengalaman inovasi, terobosan, jaringan, dan sumber daya yang akan bisa membuat apa yang diduga sebagai masalah justru tidak jadi masalah,” kata Anies.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x