Kompas TV nasional rumah pemilu

Pengamat: Tawaran Kursi Cawagub dari KIM kepada PKS Bisa Jadi Strategi untuk Kunci Langkah Anies

Kompas.tv - 19 Juni 2024, 10:13 WIB
pengamat-tawaran-kursi-cawagub-dari-kim-kepada-pks-bisa-jadi-strategi-untuk-kunci-langkah-anies
Pengamat politik Universitas Paramadina, Ahmad Khoirul Umam, dalam Kompas Petang, Kompas TV, Kamis (1/6/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Tawaran kursi calon wakil gubernur (cawagub) Jakarta dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) kepada Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bisa jadi merupakan strategi untuk mengunci langkah Anies Baswedan maju di Pilkada Jakarta 2024.

Pendapat itu disampaikan oleh Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic) Ahmad Khoirul Umam, Selasa (18/6/2024).

"Tawaran itu bisa menjadi bagian dari strategi untuk mengunci langkah Anies Baswedan agar tidak mampu mengonsolidasikan basis dukungan dengan threshold 20 persen di Pilkada Jakarta mendatang," ujarnya kepada Kompas.com.

Berdasarkan Pasal 5 Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 1 Tahun 2020, KPU Provinsi menetapkan persyaratan pencalonan untuk partai politik atau gabungan partai politik sebelum pengumuman pendaftaran calon.

Baca Juga: Presiden PKS Sebut Dapat Tawaran Cawagub dari KIM untuk Pilkada Jakarta

Persyaratan tersebut adalah partai politik atau gabungan partai politik memperoleh paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPRD atau 25 persen dari akumulasi perolehan suara sah dalam pemilu anggota DPRD terakhir.

Jika merujuk pada perolehan suara Pemilu Legislatif DPRD Jakarta 2024, tidak satu pun partai politik yang dapat mengusung sendiri pasangan cagub-cawagub pada pilkada.

Ahmad menambahkan, selama ini Anies bertumpu pada basis dukungan partai-partai koalisi perubahan, yang meliputi PKS, Partai Nasional Demokrat (NasDem), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Pada Pemilu 2024, PKS merupakan partai politik dengan perolehan suara terbanyak di Jakarta.

"Jika PKS akhirnya dibajak oleh pemegang kekuasaan yang memenangkan Pemilu 2024 lalu, besar hal itu akan berdampak signifikan terhadap peta kekuatan Anies ke depan," tambahnya.

Sebelumnya, Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengaku pihaknya mendapat tawaran posisi cawagub di Pilkada Jakarta 2024 dari KIM.

"Ada (tawaran dari KIM) itu," ujarnya di kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Selasa (18/6/2024).

PKS, kata Syaikhu, masih menganalisis tawaran dari KIM tersebut.

Di sisi lain, Wakil Ketua Majelis Syura PKS Hidayat Nur Wahid mengisyaratkan cawagub pendamping Anies di Pilkada DKI Jakarta 2024 harus kadernya.

Baca Juga: PKS-PDIP Akan Berkoalisi Dukung Anies Begini Respons Hidayat Nur Wahid

Ia pun menyinggung saat Anies maju bersama Sandiaga Uno sebagai pasangan cagub-cawagub pada Pilkada DKI Jakarta 2017.

"Periode yang lalu, PKS telah mendukung Pak Anies cagub, cawagubnya enggak dari PKS loh. Masa sekarang enggak ada lagi?" ujar Hidayat, Selasa, seperti diberitakan Kompas.com.


 



Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x