Kompas TV nasional peristiwa

Peringatan BMKG, Waspada Hujan Lebat di 20 Provinsi Hari Ini 8 Juni 2024

Kompas.tv - 8 Juni 2024, 08:39 WIB
peringatan-bmkg-waspada-hujan-lebat-di-20-provinsi-hari-ini-8-juni-2024
Ilustrasi hujan (Sumber: Clay LeConey on Unsplash)
Penulis : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan lebat akan mengguyur di  20 provinsi di Indonesia pada hari ini Sabtu (8/6/2024). Masyarakat diminta mewaspadai dampak hujan lebat seperti banjir.

Dikutip dari laman resmi BMKG, 20 provinsi yang berpotensi diguyur hujan lebat itu yakni Aceh, Sumatera Utara, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur.

Baca Juga: BMKG Rilis Peringatan Dini Gelombang Tinggi 8 Juni 2024: Ketinggian Capai 4 Meter

Kemudian Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

BMKG juga mengingatkan masyarakat mewaspadai hujan disertai petir dan kilat di sejumlah daerah, yang meliputi Aceh, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

Hujan disertai petir dan kilat berpotensi terjadi di Provinsi Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, dan Papua Barat.

Baca Juga: BMKG Beri Peringatan Dini, 20 Wilayah Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem Hujan Lebat pada 8-9 Juni 2024

Sebagaimana dikutip dari Antara, BMKG memberi peringatan dampak banjir yang dapat melanda daerah Sumatera Utara, Bali, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku, dan Papua.

BMKG juga mengingatkan potensi angin kencang yang melanda sejumlah daerah, yakni Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Maluku, dan Papua.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x