Kompas TV nasional peristiwa

PLN: Kelistrikan Sumsel, Jambi, dan Bengkulu Telah Pulih 100 Persen

Kompas.tv - 6 Juni 2024, 09:43 WIB
pln-kelistrikan-sumsel-jambi-dan-bengkulu-telah-pulih-100-persen
Tarif listrik PLN per 1 Mei 2024 (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Masyarakat di wilayah Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu dapat bernafas usai PLN menyatakan pasokan listrik kembali normal sepenuhnya. Kondisi ini terjadi setelah adanya gangguan transmisi pada Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 275 kV Lubuklinggau-Lahat yang menyebabkan pemadaman listrik massal atau blackout.

Menurut Manajer Komunikasi dan TJSL Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu, Iwan Arissetyadhi, pasokan listrik telah kembali pulih 100 persen pada pukul 01:16 WIB dini hari. Ia mengungkapkan rasa syukur atas upaya yang telah dilakukan sehingga pemadaman listrik dapat diatasi dengan cepat.

 

"Kita bersyukur sudah sejak pukul 01:16 WIB dinihari listrik sudah kembali normal 100 persen usai terjadi blackout gangguan transmisi SUTT 275 kV Lubuklinggau - Lahat sejak hari Selasa 4 Juni 2024," kata Iwan dikutip dari Antara, Kamis (6/6/2024).

Sebelumnya, pihak PLN belum dapat memastikan penyebab kerusakan yang mengakibatkan gangguan transmisi tersebut. Namun, prioritas utama adalah memulihkan pasokan listrik terlebih dahulu.

Baca Juga: Sistem Kelistrikan Sumsel, Jambi, dan Bengkulu Sedang dalam Penormalan, Ini Kata PLN

 

"Ya untuk penyelidikan kami masih belum ya apakah ada ulah dari tangan tak bertanggung jawab dan yang lainnya kami masih fokus menormalkan listrik nya," katanya.

Iwan menegaskan bahwa setelah pasokan listrik benar-benar pulih dan stabil, pihak PLN akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait penyebab gangguan transmisi tersebut.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat atas doa dan dukungan yang diberikan selama proses pemulihan pasokan listrik berlangsung.

Dalam upaya memulihkan pasokan listrik, PT PLN (Persero) mengerahkan 130 personel untuk bekerja di lapangan. Mereka berupaya maksimal untuk menormalisasi kembali jaringan listrik di wilayah yang terdampak.

Baca Juga: Penyebab Listrik Padam di Sejumlah Wilayah Sumatera, Gangguan di Gardu Induk Linggau-Lahat


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x