Kompas TV nasional rumah pemilu

Punya 1 Kursi di DPRD Jatim, PSI Pede Dukung Khofifah-Emil Dardak di Pilgub Jatim 2024

Kompas.tv - 4 Juni 2024, 23:10 WIB
punya-1-kursi-di-dprd-jatim-psi-pede-dukung-khofifah-emil-dardak-di-pilgub-jatim-2024
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep menyerahkan surat dukungan DPP PSI kepada pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak di Pilkada Jawa Timur 2024 di DPP PSI, Selasa (4/6/2024). (Sumber: Humas DPP PSI)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendukung pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak di Pilkada Jawa Timur 2024. 

Surat dukungan PSI kepada Khofifah-Emil Dardak diserahkan langsung Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep di DPP PSI hari ini, Selasa (4/6/2024).

Kaesang berharap dukungan tersebut dapat meningkatkan semangat kader PSI di Jawa Timur (Jatim). Sebab, Jatim merupakan daerah yang krusial bagi PSI. 

PSI juga telah menyiapkan kader terbaiknya untuk maju di pemilihan bupati-wakil bupati dan wali kota-wakil wali kota di Surabaya, Malang, Madiun dan Gresik.     

Diketahui dari 120 kursi DPRD Jatim hasil Pileg DPRD Jatim 2024 di 14 daerah pemilihan, PSI memperoleh satu kursi yang diduduki oleh Erick Komala. 

Baca Juga: Analisis Pakar Komunikasi Politik Soal Peluang Lawan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024

Erick meraih suara 41.320 dari Dapil Jatim I Surabaya. Sedangkan total suara PSI di Pileg DPRD Jatim sebesar 551,051.

"Terima kasih untuk Bu Khofifah dan Pak Emil atas kedatangannya. Jatim adalah daerah krusial buat PSI, kader PSI yang maju di Pilkada nanti akan turut mendukung Khofifah-Emil sebagai Cagub dan Cawagub Jatim 2024," ujar Kaesang saat penyerahan surat dukugan. Dikutip dari laporan jurnalis KompasTV.

Lebih lanjut putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu juga menitipkan pesan kepada pasangan Khofifah-Emil jika terpilh tetap bersinergi dengan pemerintah pusat. 

"Saya berharap Ibu Khofifah dan Bapak Emil dapat bersinergi untuk program pemerintahan pusat yang ditransisikan dari Presiden Joko Widodo ke Presiden Prabowo Subianto sebagai Presiden Terpilih 2024-2029," ujar Kaesang. 

Dalam kesempatan tersebut, Khofifah mengucapkan terima kasih kepada PSI atas surat rekomendasi yang diberikan.

Baca Juga: Soal Dukungan PDIP di Pilgub Jakarta, Puan: Menarik Juga Pak Anies

"Saya dan Mas Emil menyampaikan terima kasih kepada Mas Kaesang Pangarep. Sore hari ini, surat rekomendasi DPP PSI telah ditandatangani ketua umum dan sekjen DPP PSI. Langsung satu paket, Khofifah dan Doktor Emil Elestianto Dardak," ujar Khofifah.

Sementara, Emil Dardak menyampaikan PSI telah berjalan beriringan bersama dirinya dan Khofifah saat memimpin Jatim.

"Sebenarnya 5 tahun terakhir, perjalanan kami dan PSI seiring. PSI memberikan suntikan pada saat itu untuk bisa menyapa pemilih milenial. Kami yakin semangat muda ini masih akan terjaga. Apalagi ketua umum PSI Mas Kaesang. Mudah-mudahan generasi muda di Jatim semakin antusias," sambung Emil.

Sejauh ini sudah lima partai yang memberi dukungan pasangan Khofifah-Emil maju di Pilgub Jatim 2024. Kelima partai tersebut yakni Partai Golkar, Partai Demokrat, PAN, Partai Perindo dan PSI.

Sedangkan Partai Gerindra resmi mendukung kepada Khofifah, namun belum menyatakan dukungan terhadap paket Khofifah-Emil.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x