Kompas TV nasional humaniora

Pamit dan Ucapkan Terima Kasih, Bambang Susantono: Bersyukur Jadi Bagian Sejarah Pembangunan IKN

Kompas.tv - 3 Juni 2024, 19:18 WIB
pamit-dan-ucapkan-terima-kasih-bambang-susantono-bersyukur-jadi-bagian-sejarah-pembangunan-ikn
Foto arsip. Presiden Joko Widodo bersama Kepala Otorita IKN Bambang Susantono menikmati penampilan grup musik Gigi tampil dalam Malam Apresiasi Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (22/9/2023). Bambang Susantono memutuskan mundur sebagai Kepala OIKN, Senin (3/6/2024). (Sumber: KOMPAS/HERU SRI KUMORO)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Jokowi atau Jokowi menunjuk Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono sebagai Plt Kepala Otorita IKN usai Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe mengundurkan diri dari posisi Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN).

Kemudian Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang, Raja Juli Antoni, ditunjujk Jokowi sebagai Pelaksana Tugas Wakil Kepala Otorita IKN. Basuki menambahkan bahwa investor memerlukan kepastian hukum mengenai status tanah di IKN untuk memastikan investasi mereka aman.

Adapun Bambang Susantono, mantan Kepala OIKN, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menurut Bambang, pembangunan IKN yang sedang berlangsung harus tetap didukung oleh semua pihak. Hal ini sejalan dengan visi Presiden Jokowi bahwa IKN akan menjadi simbol peradaban baru Indonesia pada tahun 2045.

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak baik masyarakat dan komunitas lokal, nasional, internasional, seluruh jajaran Kementerian dan lembaga pemerintah, rekan-rekan civil society, lembaga multilateral dan bilateral, serta para investor dan pelaku bisnis dari dalam dan luar negeri," tutur Bambang, Senin (3/6/2024). Dikutip dari Kompas.com.

"Saya bersyukur menjadi bagian dari sejarah pembangunan di IKN yang tidak hanya membanggakan bagi masyarakat Indonesia tetapi juga dunia internasional," imbuhnya.

Baca Juga: Kata Hasto PDIP Soal Bambang Susantono Mundur dari Kepala Otorita IKN

Bambang menegaskan bahwa cita-cita luhur IKN harus tetap diwujudkan dan didukung. Meskipun ia dan Dhony Rahajoe tidak lagi menjabat sebagai pimpinan di OIKN, mereka akan terus memberikan kontribusi dalam bentuk tenaga, pemikiran, dan keahlian untuk memastikan IKN menjadi kota yang hijau, cerdas, tangguh, inklusif, dan berkelanjutan.

"Dalam kesempatan ini saya mengucapkan selamat bekerja kepada Menteri PUPR (Basuki Kadimuljono) dan Wamen ATR/Wakil Kepala BPN (Raja Juli Anthony yang selanjutnya memimpin Otorita IKN," cetusnya. 

Sementara itu, Basuki menjelaskan bahwa tugas Plt. Kepala Otorita IKN tidak berbeda dengan tugas yang sebelumnya dijalankan oleh Bambang Susantono.

Ia yakin penunjukan dirinya sebagai Plt. Kepala Otorita IKN tidak akan mengurangi kepercayaan investor terhadap pembangunan IKN.

Basuki berharap kepercayaan investor tetap tinggi meski Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Bambang Susantono, dan Wakil OIKN, Dhony Rahajoe, mengundurkan diri dari jabatannya.

"Tapi saya kira enggak ada masalah. Mudah-mudahan justru mempertinggi kepercayaan karena yang menggantikan menteri dan wakil menteri," ungkap Basuki dikutip dari Antara.

Baca Juga: Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN Mengundurkan Diri, Apa Alasannya?


 



Sumber : Kompas TV, Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x