Kompas TV nasional rumah pemilu

Pengamat Nilai Kaesang Bukan Tandingan Anies di Pilkada Jakarta: Belum Terlihat Elektabilitasnya

Kompas.tv - 1 Juni 2024, 20:45 WIB
pengamat-nilai-kaesang-bukan-tandingan-anies-di-pilkada-jakarta-belum-terlihat-elektabilitasnya
Anies Baswedan saat ditemui di kediamannya di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (7/5/2024). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Analis politik dari Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga, berpendapat Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep bukan tandingan Anies Baswedan jika keduanya maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

Menurutnya, hingga saat ini elektabiltas Kaesang sebagai calon gubernur Jakarta, belum terlihat.

“Bila Anies Baswedan maju Pilgub Jakarta, Kaesang tentu bukan lawan tandingannya. Sebab, Kaesang hingga saat ini belum terlihat elektabilitasnya,” ujar Jamiluddin, Sabtu (1/6/2024), dikutip dari Tribunnews.com.

Namun, lanjut dia, kalkulasi itu tidak berlaku jika Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ikut cawe-cawe di Pilkada Jakarta 2024.

Baca Juga: PDIP Bicara soal Kans Usung Anies di Pilgub Jakarta 2024, Begini Katanya

“Kaesang itu hanya Ketua Umum PSI yang tidak punya kekuatan politis yang signifikan di Jakarta,” ucapnya.

“Jadi, kalau ayahandanya tidak cawe-cawe, Kaesang jangankan menang di Pilgub Jakarta, untuk mencari pasangan maju saja akan sulit,” tuturnya.

Ia berpendapat kemungkinan Jokowi tidak cawe-cawe sangat kecill, dan itu menjadi ancaman bagi bakal calon gubernur Jakarta lainnya.

“Kemungkinan Jokowi tidak cawe-cawe tampaknya sangat kecil. Karena itu, Kaesang akan menjadi ancaman, bukan saja kepada Anies, tapi juga cagub lainnya dari jalur independen,” tambahnya.

Ia memprediksi bakal ada dua poros utama dalam Pilkada Jakarta 2024, yakni poros Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang terdiri dari Partai Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, dan PSI.

Baca Juga: Ketua MA Akui Belum Lihat Putusan yang Ubah Syarat Usia Peserta Pilkada



Sumber : KOMPAS TV, Tribunnews.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x