Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Hadiri Upacara Hari Lahir Pancasila di Dumai Riau, Megawati di Ende NTT

Kompas.tv - 1 Juni 2024, 07:27 WIB
jokowi-hadiri-upacara-hari-lahir-pancasila-di-dumai-riau-megawati-di-ende-ntt
Presiden Joko Widodo dan Wapres Maruf Amin saat memeberikan keterangannya kepada awak media di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin, 4 Maret 2024. Presiden Jokowi menghadiri acara  Hari Lahir Pancasila di Lapangan Garuda, Kompleks Pertamina Hulu Rokan (PHR), Kota Dumai, Riau, pada pagi ini, Sabtu (1/6/2024). (Sumber: BPMI Setpres)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Garuda, Kompleks Pertamina Hulu Rokan (PHR), Kota Dumai, Riau, pada pagi ini, Sabtu (1/6/2024).

Jokowi akan bertindak selaku inspektur upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini.

Dipantau dari Breaking News Kompas Tv, pada upacara pagi ini, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, pimpinan lembaga hadir sebagai peserta upacara.

Tampak para peserta upacara yang hadir di lapangan Garuda mengenakan pakaian daerah.

Sebelumnya, informasi Presiden akan menghadiri upacara di Dumai, Riau ini telah disampaikan Pj Gubernur Riau SF Hariyanto, Jumat (31/5),

"Alhamdulillah, Riau dipilih sebagai tempat upacara Hari Lahir Pancasila oleh Pak Presiden. Jadi, Riau selain mempunyai ketahanan pangan, juga ketahanan energi," kata SF Harianto.

Sementara itu, Danrem 031 Wirabima Brigjen TNI Dany Rakca Andalasawan pada Jumat kemarin telah memastikan seluruh personel menjalankan tugas pengamanan dengan baik, dan penuh tanggung jawab. untuk pelaksanaan upacara Hari Lahir Pancasila dan seluruh kegiatan Presiden Jokowi berjalan lancar.

Baca Juga: 50 Link Twibbon Hari Lahir Pancasila 2024, Cocok untuk Dibagikan di Media Sosial

"Tujuan dilaksanakannya operasi pengamanan VVIP yaitu untuk menjamin keselamatan, keamanan, kelancaran, dan kenyamanan Presiden dan rombongan selama melaksanakan aktivitas di Kota Dumai," ujarnya.

Ia menambahkan seluruh personel pengamanan diminta terus berkoordinasi dan bekerja sama secara baik sehingga dapat tercipta sinergisitas maksimal.

Berbeda dengan Jokowi, Presiden ke-5 RI sekaligus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri berada di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dikutip dari Antara, Megawati tiba di Kabupaten Ende pada Jumat (31/5) kemarin, sekitar pukul 13.50 Wita.

Megawati terlihat disambut meriah oleh masyarakat Kabupaten Ende. Setelah prosesi penyambutan, Ia  bersama rombongan menuju ke Rumah Pengasingan Bung Karno di Jalan Perwira, Kabupaten Ende.

Diketahui, Ende lekat dengan julukan ‘Kota Pancasila’ karena merupakan tempat pengasingan Bung Karno selama empat tahun di era pemerintahan kolonial, yang kemudian menginspirasi lahirnya butir-butir Pancasila. 

Baca Juga: Dumai Dipilih Jadi Tempat Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024! Bagaimana Persiapannya?



Sumber : Kompas TV/Antara.



BERITA LAINNYA



Close Ads x