Kompas TV nasional rumah pemilu

PKB Pendekatan dengan Edy dan Bobby untuk Pilgub Sumut, Di Jakarta Masih Lobi Anies

Kompas.tv - 30 Mei 2024, 06:20 WIB
pkb-pendekatan-dengan-edy-dan-bobby-untuk-pilgub-sumut-di-jakarta-masih-lobi-anies
Bakal calon presiden Anies Baswedan (kiri) bersalaman dengan bakal calon wakil presiden Muhaimin Iskandar (kanan) saat pertemuan di Kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jakarta, Senin (11/9/2023). (Sumber: KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membuka komunikasi politik dengan mantan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Kedua nama tersebut masuk daftar PKB untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur (Pilgub) Sumut 2024 mendatang.

Bendahara Desk Pilkada PKB, Ahmad Iman Sukri menjelaskan, untuk Pilkada Sumut 2024, PKB baru berkomunikasi dengan Edy dan Bobby. 

Sebab baru dua nama tersebut yang sudah mendaftarkan diri ke partai politik sebagai bakal calon kepala daerah untuk Pilgub Sumut 2024.

"Sejauh ini komunikasi ke PKB baru dua, yaitu Pak Bobby dan Pak Edy Rahmayadi," ujar Ahmad di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Rabu (29/5/2024) dikutip dari Kompas.com

Baca Juga: PKB Dukung Anwar Hafid-Reny Lamadjido, Safri: Visi Misinya Sejalan dengan Perjuangan Kami

Tak hanya dua nama itu, PKB juga menjalin pendekatan dengan mantan Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany untuk Pilkada Banten. 

Menurut Ahmad, meski PKB membuka peluang mengusung kader sendiri pada Pilkada Banten, namun komunikasi politik dengan Airin tetap berjalan.

PKB, sambung Ahmad, juga menjalin komunikasi dengan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk Pilkada Jakarta. 

Lalu, ada juga Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur Marzuki Mustamar untuk Pilkada Jawa Timur.

Ketua Desk Pilkada PKB Abdul Halim Iskandar menambahkan, selain nama-nama tersebut, PKB juga menerima pendaftaran bakal kepala calon daerah sebanyak 2.978 orang, baik untuk pilkada tingkat gubernur maupun bupati/wali kota. 

Baca Juga: PKB Tunggu Kesediaan Marzuki Mustamar untuk Diusung di Pilkada Jawa Timur 2024

Sebanyak 288 orang sudah mengikuti uji kelayakan dan kepatuhan (UKK) oleh Tim UKK Desk Pilkada PKB. 

Kemudian, PKB mengeluarkan rekomendasi kepada 65 calon kepala daerah untuk Pilkada tingkat bupati/wali kota, 16 di antaranya berasal dari kader internal PKB.

"Baik kader maupun non-kader kami perlakukan sama, yang paling penting adalah tingkat dan visi pembangunan yang dimiliki," kata Abdul Halim.

Lebih lanjut Abdul Halim menjelaskan, nantinya nama-nama bakal calon gubernur untuk Pilkada 2024 yang akan diusung maupun didukung PKB akan diumumkan pada akhir Juli nanti.

"Kami sih tidak memberikan batas waktu, tapi batas paling akhir kemungkinan akhir Juli. Karena Agustus sudah masuk tahap pendaftaran," ujar Abdul Halim. 


 



Sumber : Kompas TV/Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x