Kompas TV nasional politik

PDIP Siap Koalisi dan Jadi Cawagub di Pilkada Jawa Barat, PKS: Mudah-mudahan 2024 Ada Jodohnya

Kompas.tv - 29 Mei 2024, 19:35 WIB
pdip-siap-koalisi-dan-jadi-cawagub-di-pilkada-jawa-barat-pks-mudah-mudahan-2024-ada-jodohnya
Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Barat, Ono Surono. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

BANDUNG, KOMPAS.TV - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) siap berkoalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat 2024.

Penjelasan itu disampaikan oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jawa Barat, Ono Surono, dalam diskusi di Kafe Delapan Padi Bandung, Rabu (29/5/2024).

Ono juga menyatakan pihaknya siap berada di posisi calon wakil gubernur mendampingi Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Jabar, Haru Suandharu. 

"Kita masih punya waktu untuk pembahasan lebih lanjut, Kang Haru sudah muncul sebagai calon gubernur dan saya juga muncul sebagai calon wakil gubernur. Tinggal (persetujuan) orang tua (Ketua DPP) kita," kata Ono, dikutip Kompas.com.

Baca Juga: KPU Jawa Barat Gelar Peluncuran Pilgub Jabar 2024, Begini Situasinya

DPP PDIP, kata Ono, sudah merestui para kadernya untuk berada di posisi wakil gubernur Jabar, mengingat di DPRD Jabar PDIP berada di peringkat keempat dengan perolehan 17 kursi. 

Alasan lain, kata Ono, adalah banyaknya usulan dari kader dan simpatisan PDIP Jawa Barat yang berharap partai ini berkoalisi dengan PKS pada Pilkada Jabar.

"DPP PDI Perjuangan informasinya sudah yakin di nomor dua (wakil gubernur). Dengan siapanya komunikasi masih terbuka komunikasi hingga saat ini belum ada sejarah PDI Perjuangan bergabung dengan PKS, sehingga obrolan di bawah bisa ditindaklanjuti," ujarnya.

Terpisah, Haru Suandharu menyebut pihaknya terbuka untuk berkoalisi dengan partai mana pun, namun PDIP harus bergerak cepat jika memang serius.

"Saya ngobrol sama orang tua (DPP PKS) diberi tahu bahwa ada yang akan datang ke rumah mau melamar, jadi harus cepet-cepetan," tuturnya.

Baca Juga: Partai Politik Mulai 'Adu Mekanik' Jelang Pilkada Jawa Barat! Siapa Saja yang Akan Masuk Bursa?

Ia juga berharap agar PKS ‘berjodoh’ dengan PDIP untuk Pilkada Jawa Barat, untuk membuktikan bahwa hubungan PKS dan PDIP baik-baik saja.


"Mudah-mudahan 2024 ada jodohnya PKS dan PDI Perjuangan di Jawa Barat supaya membuktikan PKS dan PDI Perjuangan enggak ada apa-apa, kami baik-baik saja selama ini," ucapnya.



Sumber : kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x