Kompas TV nasional humaniora

Panduan Lengkap Cek Status Penerimaan dan Pencairan PIP 2024 di SiPintar Pakai HP

Kompas.tv - 28 Mei 2024, 11:00 WIB
panduan-lengkap-cek-status-penerimaan-dan-pencairan-pip-2024-di-sipintar-pakai-hp
Laman depan Program Indonesia Pintar atau PIP Kemdikbud. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah terus berupaya menyalurkan Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) 2024 kepada para pelajar dari tingkat SD hingga SMA.

Bagi siswa yang berhak menerima bantuan ini, pencairan PIP 2024 dikabarkan akan berlangsung hingga akhir tahun. Untuk memantau status penerimaan dan pencairan bantuan, siswa dapat mengeceknya melalui situs resmi SiPintar Kemdikbud Ristek.

Perlu diingat bahwa besaran nominal BLT KIP yang diterima berbeda-beda tergantung pada jenjang pendidikan siswa. Siswa SMA/SMK menerima Rp1,8 juta per tahun, siswa SMP Rp750 ribu, dan siswa SD Rp450 ribu.

Untuk mencairkan BLT KIP 2024, siswa perlu mengaktifkan rekening tabungan SimPel (Simpanan Pelajar) yang diterbitkan oleh bank penyalur.

Proses ini membutuhkan beberapa dokumen, seperti kartu identitas, kartu keluarga, dan surat pencairan BLT KIP dari sekolah.

Baca Juga: Penerima Bansos PKH Segera Cek, BLT Rp2,7 Juta Cair Mei 2024 untuk Kategori Tertentu

Berikut panduan lengkap cara mengecek status penerimaan dan pencairan PIP 2024 di SiPintar.

Buka situs pip.kemdikbud.go.id melalui peramban web di komputer atau ponsel Anda. Situs ini merupakan portal resmi untuk memeriksa informasi terkait PIP 2024.

Pada halaman utama situs, Anda akan menemukan formulir pencarian penerima PIP. Isi formulir tersebut dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) siswa. Pastikan data yang dimasukkan benar untuk mendapatkan hasil yang akurat.

Setelah memasukkan NIK dan NISN, Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi dengan menjawab pertanyaan perhitungan sederhana yang muncul di layar. Masukkan jawaban Anda di kolom yang disediakan.

Jika data yang dimasukkan benar dan siswa terdaftar sebagai penerima PIP 2024, status penerimaan PIP 2024 dan keterangan tentang pencairan Bantuan Langsung Tunai Khusus Pendidikan (BLT KIP) akan ditampilkan.

Baca Juga: Cara Cek Pencairan Bansos PKH Mei 2024 Pakai HP di cekbansos.kemensos.go.id


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x